Akibat Perbup Nomor 1 Tahun 2021 : Seluruh Kades Tanah Luas Kembalikan Stempel Desa

oleh -173.489 views
Stempel
Foto : Seluruh Geuchik (Kades) Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara, Kembalikan Stempel Desa Dihadapan Asisten I Pemkab Aceh Utara. (IST/Nanggroe.net)

IDUL FITRI

Aceh Utara | Mediarealitas.com – Akibat Perbup Nomor 1 Tahun 2021 Seluruh Geuchik (Kades) Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara, Kembalikan Stempel Desa Dihadapan Asisten I Pemkab Aceh Utara.

REALITAS TV

Aksi para geuchik se kecamatan Tanah Luas dilakukan untuk meminta Pemerintah Aceh Utara membatalkan Perbup Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penentuan, penegasan dan penetapan tapal batas antara Gampong Blang Pante Kecamatan Paya Bakong dengan Gampong Plu Pakam Kecamatan Tanah Luas. Senin (8/3/2021)

Aksi berlangsung sekitar pukul 11.00 wib. Pada pukul 11.45 perwakilan diminta untuk masuk ke dalam kantor Bupati untuk negosiasi.

Saat negosiasi perwakilan Geuchik tanah luas menyampaikan apa yang menjadi keberatan dari Perbup, selain itu juga disampaikan fakta-fakta tentang tapal batas.

“Hukum kita masih kuat hukum adat, Pemerintahan jangan membuat hukum tertulis yang membuat kami kehilangan hak”, kata salah satu perwakilan Geuchik Tanah Luas.

Menurut geuchik Tanah Luas tapal batas yang betul adalah sungai, hal tersebut sesuai dengan Peta Pemekaran Paya Bakong dan Peta Kecamatan Tanah Luas, fakta lain adalah surat hibah PT. Setya Agung yang menyebutkan tanah dikembalikan untuk pembangunan Waduk Keureuto atas nama Desa Plu Pakam.

Saksi yang masih hidup juga mengatakan batas antara Paya Bakong dengan Tanah Luas adalah Sungai.

Hal itu ditegaskan oleh Camat Tanah Luas Usman K, S.Sos yang juga hadir dalam forum negosiasi.

UPDATE CORONA