IAIN Langsa Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Tiga Jalur, Jalur SPAN Gratis Biaya Pendaftaran

oleh -121.489 views

IDUL FITRI

Langsa I Realitas – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa membuka penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur, yaitu jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan jalur mandiri.

“Pada Jalur SPAN-PTKIN kita tidak pungut biaya pendaftaran (gratis), selain itu, calon mahasiswa juga tidak mengikuti ujian, panitia nasional akan merengking nilai raport dan prestasi akademik lainnya,”demikian disampaikan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H.Basri, MA, Senin (25/1/2021).

REALITAS TV

Dijelaskan Rektor, IAIN Langsa dengan akreditasi B telah memiliki sejumlah prestasi dan saat ini sedang proses menuju Universitas Islam Negeri (UIN), untuk pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 dengan jalur SPAN-PTKIN tahapannya dimulai dengan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh pihak sekolah atau madrasah mulai 19 Januari – 17 Februari 2021.

BACA JUGA :   Polda Banten Luncurkan Vaksinasi Dijajapkeun Ka Bumi

“Setelah pengisian dan verifikasi PDSS, tanggal 19 Februari – 15 Maret 2021 dibuka masa pendaftaran, jadi yang mendaftarkan adalah siswa yang bersangkutan,”jelas Rektor.

BACA JUGA :   Aa Gym Digugat Lagi, Teh Ninih Siap Hadir ke Pengadilan

“Pengumuman kelulusan terbit pada tanggal 5 April 2021,”tambah Rektor.

Untuk jalur SPAN-PTKIN, sambung Rektor, proses pendaftaran dilakukan secara online, pihak sekolah mengakses laman registrasi SPAN-PTKIN pada alamat https://pdss.span-ptkin.ac.id untuk memasukkan data-data sekolah dan siswa sehingga nantinya siswa mendapatkan login siswa (ID pendaftaran dan password untuk masing-masing siswa).

“Setelah itu, siswa bisa langsung mendaftar online pada alamat https://siswa.span-ptkin.ac.id dengan menggunakan ID dan Password masing-masing,”tandas Rektor.

Selanjutnya, IAIN Langsa juga menerima mahasiswa lewat jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi, UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh kampus dibawah Kementerian Agama (UIN/IAIN/STAIN) dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

BACA JUGA :   Polres Metro Depok Amankan Wanita Muda Pembuang Bayi di RS Depok

“Pendaftaran UM-PTKIN dimulai dari tanggal 1 April – 30 April 2021, Finalisasi Pendaftaran 1 April – 6 Juni 2021, pelaksanaan ujian pada rentang waktu 24 Mei – 2 Juni 2021 dan pengumuman hasil ujian tanggal 17 Juni 2021,” ujar Rektor. (*)

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas