Gubernur Sumut Berharap Polemik Kasus Plagiat di USU Segera Tuntas

oleh -108.489 views

IDUL FITRI

Medan I Realitas – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi berharap polemik kasus plagiat di USU segera berakhir.

Dia mengatakan saat ini pihak terkait sedang menangani masalah tersebut.
“Sedang ditangani oleh yang berwenang, dipelajari bagaimana kondisinya,” kata Edy di rumah dinasnya di Medan, Senin (18/1/2021).

Edy tak banyak bicara soal polemik kasus plagiat di USU. Dia berharap polemik internal di USU segera berakhir dan tak mengganggu proses belajar mengajar.

“Saya berharap cepat selesai sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar di USU,” ucapnya.

BACA JUGA :   Ketarangan Saksi Investasi Singkong, Berbelit di PN Pekanbaru

Kasus plagiat ini awalnya mencuat usai pemilihan Rektor USU digelar. Dekan FISIP USU, Muryanto Amin, yang terpilih sebagai Rektor USU 2021-2026 dilaporkan karena diduga melakukan plagiat diri sendiri atau self-plagiarism.

Proses terkait laporan itu berjalan. Rektor USU, Runtung Sitepu, kemudian mengeluarkan surat keputusan yang menyatakan Muryanto terbukti melakukan self-plagiarism.

Muryanto dinyatakan memplagiat karya ilmiahnya sendiri yang berjudul ‘A New Patronage Network of Pemuda Pancasila in Governor Election of North Sumatera’ yang dipublikasikan pada jurnal Man in India.

BACA JUGA :   Giliran Rumah Agung Sucipto, Pengusaha Penyuap Nurdin Abdullah Digeledah KPK

Karya tersebut dinilai plagiat dari karya Muryanto sendiri yang dalam bahasa Indonesia berjudul ‘Relasi Jaringan Organisasi Pemuda dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara’.

Pihak Muryanto pun mengaku akan mengajukan permohonan banding terhadap SK nomor 82/UN5.1.R/SK/KPM/2021 yang diteken Runtung pada 14 Januari 2021. Pihak Muryanto juga menuding SK tersebut politis.

Sementara itu, Runtung mengaku tak masalah jika kubu Muryanto mengajukan upaya banding. Dia juga membantah SK tersebut politis.

Runtung sendiri juga dilaporkan atas dugaan plagiat. Laporan dugaan plagiarisme itu diketahui dari surat nomor 218/UN5.1.R2/SDM/2021 tentang pengaduan di Lapor.go.id yang dilihat Media, Rabu (13/1/2021).

BACA JUGA :   Ditlantas Polda Lampung Mulai Sosialisasikan E-TLE

Surat tersebut ditujukan ke Rektor USU dan diteken oleh Wakil Rektor II USU Prof Fidel Ganis Siregar pada 11 Januari 2021.

Surat itu berisi penjelasan tentang laporan dugaan plagiat atas nama Rektor USU, Runtung Sitepu. Selain itu, ada nama Mahyuddin KM Nasution, Farhat, Maria Kaban, Kharisma Prasetya Adhyatma, Fauriski F Prapiska, Ginanda Putra Siregar, dan Syah Mirsya Warli. (*)

Sumber:(Dtc)

UPDATE CORONA