Cegah Banjir, Koramil Samalantan Kerja Bhakti Bersihkan Sungai

oleh -70.489 views

IDUL FITRI

Bengkayang I Realitas РMencegah terjadinya banjir, Koramil 1202-06/Salamantan melaksanakan kerja bhakti pembersihan Sungai Sirian Tapian Bua di Desa Bukit Serayan, Selasa (1/12/2020)  Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang bersama dengan masyarakat.

Serda Rustam beserta 4 orang personel Babinsa lainnya bergotong royong dengan warga membersihkan jembatan dan kanan kiri Sungai Sirian Tapian Bua. Hal ini dilakukan agar aliran sungai mengalir lancar.

Serda Rustam saat di lokasi mengatakan aksi bersih-bersih aliran sungai ini untuk mengantisipasi terjadi banjir pada musim penghujan. Apalagi, saat hujan deras, air sungai sering meluap ke pemukiman warga.

Penyebabnya, banyak sampah dan tumbuhan yang mengakibatkan pendangkalan di sungai.

“Dengan gotong royong ini, desa yang berada di sekitar sungai nantinya tidak akan kebanjiran lagi saat hujan.

BACA JUGA :   Bangkitkan Semangat Gotong Royong, Babinsa Koramil 12/Palupuh Bangun Masjid Bersama Warga

Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di sungai,” imbau Rustam.

Di tempat terpisah, Pjs. Danramil Samalantan Peltu Agung mengatakan, kegiatan yang dilakukan Babinsa Bukit Serayan tersebut merupakan salah satu fungsi Babinsa, pembersihan aliran sungai ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan.

BACA JUGA :   New PLN Mobile, Lapor Keluhan dan Layanan Listrik Tanpa Pulsa

Kepala Desa Bukit Serayan Resmy menyampaikan ucapan terima kasih pada Babinsa yang telah mempelopori masyarakat untuk membersihkan lingkungan

“Kami selaku Pemerintah Desa mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai. Ini demi kenyamanan kita bersama,” imbau Resmy senada dengan Babinsa. (Pendam XII/Tpr)