Ada Potensi Ekspor Getah Damar dan Porang di Pesisir Barat, Lampung

oleh -115.489 views

IDUL FITRI

Lampung I Realitas – Ada Potensi Ekspor Getah Damar dan Porang di Pesisir Barat, Lampung.

Tekstur tanah dan topografi Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung menjadi komponen utama dalam mendukung pertanian di daerah ini. Namun karena keterbatasan informasi pemasaran, membuat petani belum mempunyai akses untuk mengekspor komoditasnya.

Porang dan damar tumbuh subur di daerah ini tumbuh subur. Porang merupakan salah satu tanaman penghasil umbi yang sedang naik daun, petani di berbagai daerah sudah mulai menanam tanaman ini, tak terkecuali di Lampung.

Pejabat Karantina Pertanian Lampung melakukan kunjungan ke Pesisir Barat untuk menggali apa saja potensi ekspor di daerah tersebut. Dengan menggandeng Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Barat, pejabat karantina terjun langsung ke lokasi pertanaman.

BACA JUGA :   Warung Toharoh Lampung Timur Salurkan Sembako Kepada Keluarga Penerima Manfaat KPM

“Peluang dan kendala yang ada di petani telah kami catat, kemudian kami siapkan win-win solution untuk mendukung petani porang dan getah damar agar bisa diekspor,” ujar Muh. Jumadh, Kepala Karantina Pertanian Lampung.

BACA JUGA :   Silaturahmi Danrem 061/sk Dengan Forkominda Tokoh Masyarakat Dan Tokoh Lintas Agama

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Karantina Pertanian Lampung untuk mewujudkan program Kementerian Pertanian yaitu gerakan tiga kali lipat ekspor (Gratieks),” imbuhnya. (*)