Swasembada Daging Sapi Kelompok Tani Mekar Karya Jadi Perhatian Pemkab Kampar

oleh -58.489 views

IDUL FITRI

IDUL FITRI

Tapung Hilir I Realitas – Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH membuka sekaligus meresmikan Sosialisasi Edukasi Pemeliharaan Ternak Sapi bagi peternak sapi bagi masyarakat Kecamatan Tapung hilir dengan sistem Posyandu dan Vaksinasi Sapi Jembrana.

Kegiatan tersebut dipusatkan di peternakan Sapi Kelompok tani Mekar Karya Desa Tapung Lestari Kecamatan Tapung hilir pada Sabtu (07/11/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Kepala Dinas Perternakan, Perkebunan dan Kesehatan Hewan Kampar yang diwakili Kepala Bidang, Kepala Dinas PM-PTSP Kampar Hambali, Kakan Satpol PP Kampar Nurbit, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kampar Aliman Makmur, Camat Tapung Hilir Yuriko Efril, Dekan Fakultas UIN Susqa Riau Edi, Kepala Desa Tapung Lestari, Ketua Kelompok Tani Mekar Karya Sumardi dan anggota kelompok tani. Dekan Fakultas UIN Susqa Riau Edi

Dalam sambutannya Bupati Kampar menyampaikan swasembada daging saat ini sangat dibutuhkan ditengah wabah Covid-19 yang merebak, swasembada daging bagi masyarakat sangat dibutuhkan bagi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya mendengar ada beberapa kelompok Tani yang mengeluhkan penyakit Sapi, oleh sebab itu saya perintahkan Dinas terkait untuk segera melakukan upaya pencegahan dan Vaksinasi bagi sapi ternak masyarakat,” ungkap Bupati Kampar.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa saat ini telah mewabah penyakit bagi sapi, oleh sebab itu Catur Sugeng memerintahkan jajarannya untuk melakukan investigasi dan melakukan vaksinasi bagi sapi milik para petani di kabupaten Kampar.

Karena Kesehatan sapi sangat dibutuhkan bagi peternak sapi untuk meningkatkan mutu daging yang dihasilkan.

BACA JUGA :   Pos Ampas Satgas Yonif Raider 100/PS Rutin Keliling Kampung Beri Pelayanan Kesehatan Diperbatasan RI-PNG

Disaat itu juga Catur Sugeng juga mengungkapkan bahwa untuk memajukan kesejahteraan suatu masyarakat dibutuhkan kekompakan dan kebersamaan seluruh masyarakat dan selalu mendukung kebijakan Pemerintah dan selalu berkoordinasi dengan Aparatur desa atau Kecamatan.

Bupati Kampar juga memerintahkan Kepala Dinas Peternakan, perkebunan dan Kesehatan Hewan agar sering untuk turun ke lapangan untuk terus membina dan memberikan edukasi bagi kelompok tani agar cita-cita swasembada daging di Kecamatan Tapung Hilir dapat kita wujudkan bersama.

Disisi lain Bupati Kampar juga mengharapkan masyarakat mengoptimalisasikan lahan rumah tangga untuk menunjang ketahanan pangan, dirinya memerintahkan Dinas terkait untuk memberikan sarana dan prasarana alat pertanian dan perkebunan untuk menunjang penghasilan masyarakat.

BACA JUGA :   KPK Amankan Menteri Kelautan Dan Perikanan Edhy Prabowo

“Mengoptimalisasikan lahan untuk pertanian dan perkebunan dan juga peternakan merupakan salah satu upaya menunjang ketahanan pangan masyarakat,” kata Bupati Kampar.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Kampar menyaksikan proses penyuntikan Vaksin kepada Sapi milik Kelompok tani Mekar Karya.

Budi Kurniawan Relawan Peduli Masyarakat Tapung Raya dalam sambutannya mengungkapkan kelompok tani peternakan sapi cukup banyak, dan telah mampu melakukan swasembada daging sapi.

Dirinya juga mengatakan masih ada persoalan yang dihadapi kelompok tani yakni bagaiman melakukan vaksinasi bagi sapi ternak.

Budi Kurniawan juga mengatur kelompok tani peternakan sapi ditapung Hilir sangat membutuhkan bantuan dan bimbingan bagi masyarakat peternak agar lebih sejahtera dan lebih mampu menyelenggarakan swasembada daging sapi di Tapung Hilir. *(mirza/dsk)