Seminar Kebangsaan, Dandim Sintang : Pemuda Tonggak Utama Membangun Bangsa

oleh -77.489 views

IDUL FITRI

Sintang I Realitas – Sebagai salah satu upaya pembinaan di wilayah, Komandan Kodim (Dandim) 1205/Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan menjadi narasumber dalam seminar kebangsan dalam rangka Miladiyah ke- XVII dan Reuni Akbar Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif (STAIMA) di Aula STAIMA Sintang, Minggu (29/11/20) .

Seminar kebangsaan kali ini mengusung tema, “Kita Bersaudara, Bersama Tuhan Menjaga NKRI Dengan Hati”.

Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan dalam seminar menyampaikan pemuda adalah pemersatu bangsa, pemuda harus dapat mencegah hasutan provokasi, adu domba terhadap rakyat, mengajak seluruh anak bangsa bersatu, bergotong royong dan menjaga keutuhan NKRI agar tidak pecah belah sesuai Bhinneka Tunggal Ika.

BACA JUGA :   Tokoh Agama Singingi Dukung Komjen Listyo Sigit Sebagai Kapolri

“Pemuda harus menjadi agen perubahan serta agen sosial. Generasi muda adalah tonggak utama dalam membangun bangsa dan negara,” kata Dandim.

Dikatakan juga oleh Dandim, sebagai generasi muda kita harus bangga menjadi warga negara Indonesia. Negara Indonesia kaya akan sumber daya alam, sumber energi, pangan dan konsumen serta pasar dunia. Kekayaan alam Indonesia suatu saat nanti akan membuat iri negara-negara di dunia.

BACA JUGA :   Sekda Aceh dr. Taqwallah, Minta Jajaran Dinas Pendidikan Tingkatkan Kinerja

“Kaya akan sumber daya alam justru menjadi petaka buat kita, apabila tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu kita harus waspada,” kata Dandim.

Selanjutnya menjelaskan, tantangan pemuda dalam membangun kebhinekaan di era komunikasi digital yang saat ini berbentuk ancaman non militer antara lain, isu komunisme, paham anarkis, aliran sesat terorisme, unjuk rasa anarkis, kesenjangan ekonomi dan lain sebagainya.

BACA JUGA :   Lagi, Baharkam Polri Ungkap 25 Ton Pottasium Chlorate Untuk Bom Ikan

Termasuk adanya perang antar suku, permasalahan SARA, peredaran narkoba, kejahatan cyber dengan melakukan hacker penyebaran berita hoax

“Oleh karena itu, sebagai pemuda kita harus bisa bijak dan bersatu, karena ancaman ke depan semakin nyata dan perlu antisipasi sejak dini,” kata Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)