Presiden Juga Menyampaikan Pentingnya Peran ASEAN Menjaga Perdamaian dan Stabilitas di Kawasan

oleh -102.489 views

IDUL FITRI

Bogor I Realitas – Presiden juga menyampaikan pentingnya peran ASEAN menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Presiden Joko Widodo menyambut baik akan dikeluarkannya ASEAN Declaration on an ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA) Framework pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN yang digelar secara virtual melalui konferensi video.

Pengaturan ASEAN Travel Corridor tersebut sebelumnya telah diusulkan Presiden Jokowi pada KTT ke-36 ASEAN pada 26 Juni 2020 lalu.

“Saya menyambut baik di KTT ini kita akan mengeluarkan ASEAN Declaration on an ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework. Untuk itu, rencana.

Implementasi ASEAN TCA harus segera diwujudkan,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato pada KTT Pleno ke-37 ASEAN dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 12 November 2020.

BACA JUGA :   Polri Antisipasi Peredaran Vaksin Covid-19 Palsu di Indonesia

Untuk mewujudkan implementasi TCA tersebut, Presiden Jokowi mendorong agar Dewan Koordinasi ASEAN dan Badan Sektoral ASEAN segera bergerak cepat dan efisien.

BACA JUGA :   Antisipasi Bencana Alam di Kabupaten Lebak, Kapolda Banten Cek Kesiapan

Menurutnya, ASEAN perlu segera merealisasikan pembentukan jalur cepat sementara (temporary fast lane) dan protokol kesehatan.

Saat keberangkatan dan kedatangan, pemanfaatan platform digital yang terintegrasi di kawasan, penentuan port of entry, serta ketentuan protokol kesehatan yang ketat.

UPDATE CORONA