Wagubri : Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional, Bahasa Melayu Tetap Dibanggakan

oleh -92.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Wagubri Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional, Bahasa Melayu Tetap Dibanggakan.

Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Nasution menghadiri Hari Puncak Bulan Bahasa Tahun 2020 Balai Bahasa Provinsi Riau di Hotel Prime Park Pekanbaru, Senin (12/10/2020).

BACA JUGA :   Presiden Jokowi Lantik 12 Duta Besar RI untuk Negara Sahabat

Dalam sambutannya Wagubri menyampaikan, berdasarkan Undang-Undang 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

UPDATE CORONA

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan bahasa penghantar pendidikan, sarana komunikasi tingkat nasional, sarana pengembangan kebudayaan nasional dan bahasa media masa.

Wagubri menyatakan, apalagi bahasa melayu sendiri di bumi melayu mestinya bisa menempatkan atau memartabatkan bahasa itu pada posisi yang lebih tepat.

“Kita menggunakan bahasa asing yang dibanggakan orang, padahal bahasa kitalah yang harus dikedepankan. Inilah harus kita masyarakatkan,” ucap Edy Nasution

Sebaiknya, Wagubri berpesan agar berbangga dengan bahasa melayu yang merupakan bahasa yang sangat dibanggakan di bumi Indonesia ini.

Selanjutnya Balai Bahasa Provinsi Riau menganugerahkan Pemerintahan yang diberikan kepada Gubernur Riau yang diwakili oleh Wagubri.

Sedangkan, untuk tokoh agama akan diberikan kepada Ustaz Abdul Somad. *(mirza/mcr)