Tingkatkan Disiplin Dan Rasa Peduli, Satgas Pamtas Yonif 312/KH Ajarkan Anak-Anak Perbatasan Ekstrakurikuler Pramuka

oleh -340.489 views

IDUL FITRI

Keerom I Realitas – Dalam rangka membentuk karakter disiplin dan menggugah rasa kepedulian anak-anak perbatasan, Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam ajak anak-anak perbatasan ekstrakurikuler Pramuka di Kampung Senggi, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua. Sabtu (17/10/2020)

BACA JUGA :   Kasad Pimpin Alih Kodal Yonzikon 11/DW & Laporan Korps 19 Perwira Tinggi TNI AD

Hal tersebut disampaikan Dankima Satgas Pamtas Yonif 312/KH Inf Puriadi Mardan dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Minggu (18/10/2020).

Puriadi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap dunia pendidikan khususnya bagi anak-anak yang berada di wilayah perbatasan negara, dimana pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membentuk kepribadian kaum muda Indonesia yang berbudi pekerti luhur, cerdas, terampil, dan cinta tanah air dan bangsa .

BACA JUGA :   Ini Pokok-Pokok Perubahan PMK 115/PMK.06/2020 Sebagai Penyederhanaan Optimalisasi BMN di Masa Pandemi Covid-19

UPDATE CORONA

“Kegiatan Pramuka juga menjadi salah satu upaya untuk menanamkan sikap disiplin dan tanggungjawab serta rasa peduli kepada siswa, melalui Pramuka lahirlah anak-anak generasi muda yang memiliki tanggungjawab dalam setiap langkahnya,” kata Puriadi.

Sementara itu Prada Syahru Purnama Ramadhan, Prajurit yang mengajarkan materi pramuka kepada siswa-siswi SMPN 1 Senggi ini mengungkapkan bahwa materi yang diberikan kali ini mengenai Semaphore, yaitu suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau dengan memakai sarung tangan. Informasi yang disampaikan dibaca melalui posisi bendera atau tangan.

“Kegiatan pramuka bagi tunas-tunas muda yang berada di perbatasan ini menurut saya sangat penting sekali, karena apabila mengacu pada nilai-nilai yang ditanamkan seperti kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan keberanian, tentu saja sangat bermanfaat,” kata Syahru.

Sementara itu Esterlina salah satu siswi yang mengikuti kegiatan Pramuka ini mengatakan “Terimakasih abang-abang TNI, menyenangkan sekali bisa belajar Pramuka, membuat saya dan teman-teman jadi lebih kompak”. (*)