Kodim 0735/Surakarta Terima Kunjungan Dari Pusterad

oleh -60.489 views

IDUL FITRI

Surakarta I Realitas – Kodim 0735/Surakarta Terima Kunjungan Dari Pusterad.

Bertempat di Ruang Koridor Makodim 0735/Surakarta, Jln. A Yani No.349, Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan, Dandim 0735/Ska Letkol Inf Wiyata S Aji yang diwakili Kasdim Mayor Inf Alfian Yudha Praniawan.

BACA JUGA :   Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh: Memanfaatkan Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik

Didampingi Pasiter Kodim Kapten Cba Tri Rusman Prasetyo, dan Perwira Staf lainnya serta para Danramil menerima kunjungan Tim Kajian bidang Litbang dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) yang dipimpin oleh Kolonel inf Adam Suwarno P, S Sos, M.M, Rabu (07/10/2020).

BACA JUGA :   Pentas Seni Budaya RRI Meulaboh Tampilkan Beragam Atraksi Seni

UPDATE CORONA

Dalam kunjungan siang itu, Kasdim 0735/Surakarta menyampaikan dan memaparkan tentang Konflik sosial yang di Wilayah Kodim 0735/Surakarta.

Serta meminta seluruh Perwira Staf dan Danramil untuk mengikuti serta memperhatikan penjelasan dan arahan yang akan diberikan dari Pusterad.

Selain berkunjung Ke Markas Kodim 0735/Surakarta Tim dari Pusterad juga berkunjung ke kantor Balaikota dan Mapolresta Surakarta.

Komandan Pusterad Letnan Jenderal TNI Wisnoe P.B dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kolonel inf Adam Suwarno P, S Sos, M.M.

mengucapkan terima kasih Dandim 0735/Surakarta Letkol inf Wiyata S Aji yang telah memfasilitasi kegiatan program kerja Pusterad khususnya bidang penelitian dan pengembangan tahun 2020.

“Bahwasanya negara Republik Indonesia dengan keanekaragaman suku bangsa agama dan budaya yang masih diwarnai ketimpangan pembangunan ketidakadilan dan kesenjangan sosial ekonomi dan politik berpotensi melahirkan konflik di tengah masyarakat.”tuturnya.

Kita ketahui Indonesia pada satu sisi sedang mengalami transisi demokrasi dan pemerintahan membuka peluang bagi munculnya gerakan radikalisme di dalam negeri dan pada sisi lain hidup dalam tatanan dunia yang terbuka dengan pengaruh asing sangat rawan dan berpotensi menimbulkan konflik.

“Penanganan konflik dapat dilakukan secara komprehensif, integratif efektif,akuntabel dan transparan serta tepat sasaran melalui pendekatan dialogis dan cara damai berdasarkan landasan hukum yang memadai.”tuturnya.

Lebih lanjut Letjen TNI Wisnoe P.B menegaskan bahwa Pusterad memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi teknis teritorial serta membantu penyelenggaraan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer.

Selain Perang (OMSP) dalam rangka mendukung tugas TNI angkatan darat sejalan dengan tugas pokok tersebut maka pusterad senantiasa berupaya menyempurnakan pelaksanaan Binter yang dilaksanakan komando kewilayahan di jajaran TNI-AD.

“Beberapa hal tersebut diatas yang mendasari pentingnya Sdirlitbang Pusterad melaksanakan kajian tentang peran Satkowil dalam pencegahan penghentian dan pemulihan konflik sosial sebagai saran.

Dan masukan bagi komando atas tentang sejauhmana koordinasi pelaksanaan penanganan konflik sosial yang dilaksanakan di wilayah yang melibatkan unsur TNI-Polri dan Stakeholder lainnya.”pungkasnya. (Arda 72)