Hari Jadi Kabupaten Siak Ke 21, Pjs Bupati Harapkan Sektor Pariwisata Terus Tumbuh

oleh -54.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Hari Jadi Kabupaten Siak Ke 21, Pjs Bupati Harapkan Sektor Pariwisata Terus Tumbuh.

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Siak, Indra Agus Lukman berpesan kepada para pelaku usaha sektor pariwisata untuk membangun kepercayaan wisatawan dengan cara terus disiplin dan penuh kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA :   Data Update 124 Kasus Warga Singkil Positif Covid-19, Sembuh 90 Orang

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara Sidang Paripurna dalam rangka Hari Jadi ke–21 Kabupaten Siak Tahun 2020 secara Virtual, Senin (12/10/2020).

UPDATE CORONA

Dia mengatakan, di masa pandemi Covid-19 tak hanya sektor pariwisata saja yang mengalami dampak.

Namun sektor lainnya seperti pendidikan, sosial dan kesehatan juga mengalami hal serupa.

Untuk itu, ia menginginkan agar sektor pariwisata tetap tumbuh di era adaptasi kebiasaan baru saat ini.

Selain itu dia berpesan kepada pelaku usaha serta seluruh masyarakat Kabupaten Siak untuk terus menjaga kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan sebagai langkah mencegahan penyebaran virus Corona.

Selain penerapan protokol kesehatan katanya, kesiapan destinasi pariwisata juga harus diperhatikan, sebab hal itu juga dinilai dapat meningkatkan daya saing pariwisata di Kabupaten Siak.

“Kita harus bisa mengembalikan kepercayaan wisatawan untuk dapat menghidupkan kembali sektor-sektor pariwisata di Kabupaten Siak,” ujarnya.

Dihadapan peserta Sidang Paripurna itu baik langsung maupun melalui zoom, Indra menginformasikan bahwa tanggal 9 Oktober 2020 kemarin, dua kebudayaan dari Kabupaten Siak ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indobesia, Nadiem Makarim.

“Dua kebudayaan ini yaitu Gambus Selondang dan Tari Podang,” lanjutnya.

Masih kata Indra, hal itu menunjukkan bahwa pariwisata di Kabupaten Siak sudah mulai bangkit dan dikenal publik itu dibuktikan dengan diangkatnya dua kebudayaan tadi oleh Mendikbud RI.

Ia berharap, masyarakat dan para pelaku sektor usaha pariwisata bisa terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan pemerintah.

Sehingga kepercayaan wisatawan tetap terjaga dan keadaan ekonomi bisa membaik. *(mirza/nv)