Ditbinmas Polda Aceh Sosialisasi Prokes Covid-19 Kepada Komunitas Pengelola Pasar Tradisional Dan Modern

oleh -91.489 views

IDUL FITRI

Banda Aceh I Realitas – Ditbinmas Polda Aceh pagi hingga selesai menggelar sosialisasi prokes Covid-19 kepada komunitas pengelola pasar tradisional dan modern di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, Selasa 6/10/2020.

BACA JUGA :   Peras Hingga Ancam Bunuh Sepasang Kekasih, Pria di Mataram Ditangkap

Kegiatan itu digelar di Warkop Zakir Lantai 2, Beurawe, Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh.

Dirbinmas Polda Aceh Kombes Pol. Muhammad Muslim Siregar, S. I. K, dalam sosialisasi itu menyampaikan arahan imbauan terkait prokes kepada pengelola pasar tersebut diantaranya, menyebutkan.

BACA JUGA :   Peduli Generasi Bangsa, Kelompok KKN 061 Unimal Berikan Pemahaman Tentang Pentingnya Sekolah

UPDATE CORONA

lokasi pasar sangat rentan akan penyebaran Covid-19 dikarenakan tempat berkumpulnya masyarakat dari beberapa daerah dalam Provinsi Aceh secara rutin setiap harinya, komunitas pengelola pasar agar berupaya mensosialisasikan secara terus menerus menerapkan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan) dan Prokes Covid-19 di lokasi pasar yang dikelolanya serta menempatkan tempat cuci tangan dibeberapa tempat yang mudah terlihat.

Kemudian pengelola pasar agar mendukung tugas Polri khususnya Ditbinmas dan jajaran dalam hal mensosialisasikan kepada pedagang dan Pembeli tentang protokol kesehatan Covid-19 dengan membentuk petugas yang khusus untuk penegakan penerapan prokes Covid-19 dilokasi Pasar, sebut Dirbinmas.

Dikatakan Dirbinmas, secara rutin setiap hari melalui sarana pengeras suara yang dimiliki oleh pihak pengelola pasar dan diatur jam pelaksanaannya secara berulang untuk menghimbau penerapan 3M sehingga pengunjung dan pedagang secara terus menerus diingatkan dan membuat himbauan tertulis di beberapa tempat yg mudah terlihat oleh pedagang dan pembeli.

Selanjutnya Dirbinmas, mengajak komunitas pengelola pasar berperan aktif sebagai pelopor sosialisasi pencegahan dan penerapan protokol kesehatan Covid-19 dengan membuat inovasi-inovasi yang kreatif sehingga pedagang dan pembeli mudah memahaminya.

Dirbinmas juga megimbau untuk melaksanakan kegiatan sosial bekerjasama dengan Ditbinmas atau Satuan Binmas Polresta Banda Aceh, giat tersebut dapat berupa pembagian masker di lokasi pintu masuk pasar serta menjadwalkan penyemprotan disinfekran diseluruh lokasi pasar.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut para pengelola pasar ada yg menyampaikan beberapa saran diantaranya, dari pengelola Pasar Aceh sangat berterima kasih karena telah diundang dalam acara sosialisasi dan memohon kepada pihak Polda Aceh untuk lebih sering melaksanakan edukasi/sosialisasi tentang Covid-19 di lokasi pasar karena masih banyak masyarakat yang belum perduli dengan Covid-19 terutama di pasar tradisional.

Di lokasi Pasar Aceh telah ada himbauan tentang prokes Covid-19 menggunakan alat pengeras suara, katanya.

Selanjutnya, Pengelola Manajemen Mall Aceh Plaza/Matahari Mall juga sangat berterima kasih telah diundang pada acara sosialisasi tersebut.

Dan di Mall Aceh Plaza telah diterapkan Prokes Covid-19, salah satunya adalah mengukur suhu tubuh pengunjung dengan alat pengukur suhu tubuh namun masih ada kendala dari pengunjung yang masih belum paham tentang Covid-19.

Selanjutnya, memohon kepada pihak aparat keamanan yang melaksanakan razia masker di dalam lokasi Mall tidak mengerahkan aparat dalam jumlah yang cukup banyak karena sangat mengganggu kegiatan di Mall.

Dari Pengelola Pasar Kampung Baru juga sangat berterima kasih kepada Dirbinmas yang telah mengadakan acara sosialisasi, sehingga kami pihak pengelola pasar akan lebih kuat untuk menyampaikan argumen tentang Covid-19 kepada pihak pedagang dan pembeli bahwa pihak Polda Aceh turun tangan untuk menindaklanjuti terjadinya Pandemi Covid-19 di Aceh.

Selanjutnya memohon kepada Dirbinmas agar Kepolisian lebih sering melaksanakan sosialisasi tentang penerapan prokes Covid-19 di lokasi Pasar karena masyarakat lebih segan dan lebih mendengar penyampaian sosialisasi pencegahan Covid-19 oleh Kepolisian, sebutnya.

Kemudian mengharapkan pihak Polda membuat himbauan tertulis tentang pakai masker dan prokes Covid-19 baik berupa spanduk atau selebaran, pintanya lagi.

Dalam Kegiatan Sosialisasi Prokes Covid-19 berbasis Komunitas itu diwarnai oto bersama dan membentangkan spanduk bertuliskan :

Kami pengelola pasar tradisional/mandor dikota Banda Aceh dan Aceh Besar siap mendukung polri dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

Sementara yang hadir dalam sosialisasi itu, diantaranya Dirbinmas, Kasubdit Bintibsos dan sejumlah staf Ditbinmas Polda Aceh, Kanit Polmas Satbinmas Polresta Banda Aceh, dan sejumlah Komunitas pengelola pasar tradisional dan modern Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. (Rahmad Wahyudi)