Disnaker Kota Pekanbaru Taja Kegiatan Penciptaan Wirausaha Baru Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

oleh -81.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Disnaker Kota Pekanbaru Taja Kegiatan Penciptaan Wirausaha Baru Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat.

Melalui program dana APBN Tahun Anggaran 2020, Dinas Tenaga Kerja kota Pekanbaru melaksanakan kegiatan penciptaan wirausaha baru bagi tenaga kerja mandiri.

BACA JUGA :   Rangga Pejuang Anti Serangan Kekerasan Seksual di Aceh

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (13/10/20) bertempat di Aula Kantor Disnaker dihadiri langsung oleh Kadisnaker kota Pekanbaru Abdul Jamal M.Pd, Kabid Binapenta dan PKK Abdul Rahim SP, MMA, Lurah Tuah Karya Riznaldi A.P dan peserta sejumlah 20 orang.

BACA JUGA :   Polda Metro Jaya Pulangkan 270 Pelajar dan Pengangguran Yang Sempat Diamankan

UPDATE CORONA

Dalam hal ini, Kadisnaker kota Pekanbaru Abdul Jamal menyebutkan pelaksanaan pelatihan wirausaha mandiri sangat membantu sekali ditengah masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Tentu maksud dan tujuan kegiatan ini dapat menciptakan para wirausaha baru dilingkungan tempat tinggalnya sebagai peningkatan pendapatan perekonomian masyarakat itu sendiri,” ujar Kadis Naker Pekanbaru.

Kadis Jamal juga berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya.

“Kami berharap pelatihan ini dapat diikuti terus dan untuk bantuan sarana usaha ini agat dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai keperluan usaha dan aset ini tidak boleh diperjualbelikan,” tegasnya.

Sementara itu, menurut Kabid Binapenta dan PKK Abdul Rahim mengatakan melalui penciptaan wirausaha usaha baru bagi tenaga kerja mandiri ini nantinya akan dilakukan pendampingan berupa pelatihan pengolahan pisang secara berkelompok.

“Dengan pelaksanaan pelatihan selama tiga hari kedepan, kita akan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan khususnya dalam hal pengolahan pisang, tentu dengan memperhatikan potensi sumber daya alam dan peluang pasar yang ada saat ini,” ujar Abdul Rahim.

Sebagai penanggungjawab kegiatan, Abdul Rahim menyebutkan ada beberapa materi yang perlu diperhatikan oleh para peserta diantara yakni :

– Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan tenaga kerja mandiri,

– Kiat dan motivasi menjadi wirausaha yang sukses,

– Ketentuan pengelolaan keuangan bantuan,

– Konsep dan tata cara memasarkan hasil produksi, dan

– Teori dan praktek produksi pelatihan dalam hal ini pengolahan pisang.

“Untuk melakukan pelatihan ini, kami akan mendatangkan narasumber dan Instruktur dari pejabat Disnaker Pekanbaru dan para profesional yang ahli dibidang pengolahan pisang,” tutup Abdul Rahim.

Dalam pertemuan tersebut, Lurah Tuah Karya Riznaldi A.P sangat berterimakasih kepada Dinas Tenaga Kerja kota Pekanbaru yang telah memberikan ilmu pengetahuan melalui pelatihan-pelatihan dan bantuan sarana usaha.

“Bekal pengetahuan dan fasilitas yang telah diberikan ini, akan menjadi pengalaman bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian melalui usaha industri rumah tangga. Kami sangat bersyukur atas adanya kegiatan pelatihan pengolahan pisang di tahun 2020 ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita,” ujar Lurah Riznaldi.

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan dalam menciptakan wirausaha baru tenaga kerja mandiri ini, juga telah dilakukan diwilayah Kelurahan Sialang Munggu dengan melakukan pelatihan pengolahan Nugget dan Sosis dari bahan baku Ikan Patin serta ayam, kemudian di Kelurahan Sialang Sakti melaksanakan pengolahan ubi kayu yang dijadikan untuk produksi kue bolu. *(Mirza)