Dewan Nagan Raya Minta Saham Blok B 1 Persen

oleh -97.489 views

IDUL FITRI

IDUL FITRI

Nagan Raya I Realitas – Dewan Nagan Raya Minta Saham Blok B 1 Persen.

Ketua Komisi III DPRK Nagan Raya, Zulkarnain meminta PEMA agar memberikan Saham satu Persen kepada Nagan Raya seperti yang di berikan ke BUMD PT. Pembangunan Lhokseumwe (PTPL).

“Kami minta agar PEMA memberikan satu persen saham dalam pengelolaan Blok B kepada Kabupaten Nagan Raya, agar masyarakat Nagan Raya juga mendapatkan manfaat dari kandungan bumi Aceh,”ungkap Ketua Komisi III DPRK Nagan Raya ini di ruang kerjanya.

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi rencana strategis pemerintah Aceh dalam mengambil alih pengelolaan Blok B melalui BUMA atau PT PEMA tindakan tersebut telah sesuai dengan semangat regulasi ke khususan untuk Aceh yang diataur dalam UU No 11 tentang Pemerintahan Aceh dan peraturan teknis terkait Migas,”papar dia.

Menurutnya, pengambilan sumber daya alam minyak dan gas bumi di wilayah kewenangan Aceh dapat memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal bagi negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat Aceh.

BACA JUGA :   407 KPM Kecamatan Karangtengah Berhak Menerima BST

Apalagi, sebut Zulkarnain, pengelolaan migas belum seluruhnya dikembalikan kewenanganya kepada BPMA selaku regulator yang ditunjuk oleh Pemerintah Pusat dan Daerah, masih ada ladang migas yang dibawah pengawasan dan pengedalian oleh SKK Migas.

Dalam pantauan kami, ada tiga ladang migas yang masih dibawah pengawasan dan pengendalian oleh SKK Migas, yakni lapangan Rantau, lapangan Kuala Simpang Barat, dan lapangan Kuala Simpang Timur.

“Untuk itu, Kami meminta kepada Mentri ESDM agar segera mengalihkan kewenagan kepada BPMA agar mandat PP 23 tetang pengeloaan Migas di Aceh terlaksana seutuhnya, ini penting untuk Aceh dan Mayarakat di derah penghasil,”ungkapnya.

BACA JUGA :   Polsek Sunggal Tangkap Pengecer 450 Gram Ganja Kering di Desa Lalang

Zul juga menyarankan, Pemerintah Aceh agar mengajak seluruh Kabupaten Kota di Aceh untuk turut serta modal/saham dalam pegelolaan Blok B tersebut, semangat kebersamaan dalam membangun Aceh ini perlu di lakukan secara terbuka dan transparan.

Harapannya adalah seluruh Kabupaten yang ada di Aceh juga bisa merasakan hasil alam migas Aceh ini. (*)