Dampak Covid-19 Pelaporan SPT Belum Maksimal

oleh -80.489 views
Foto: Kepala KP2KP Aceh Singkil, Ferry Irawan, SE.

IDUL FITRI

Aceh Singkil | Realitas – Dampak Covid 19, tingkat Kepatuhan Pelaporan SPT di Aceh Singkil belum maksimal. Hal itu disebutkan Kepala KP2KP Aceh Singkil, Ferry Irawan, SE, kepada Realitas, Senin (5/10/2020).

” Targetkan kita saat sampai 19.000 Laporan SPT, per September 2020, masih sekitar 16.000 an SPT yang masuk ke Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Aceh Singkil “. Ujarnya.

Dikatakan, untuk pencapaian Target Penerimaan Pajak sudah di posisi 84 persen, dari target yang ditetapkan. Namun Dia Optimis akan mencapai 100 Persen.

UPDATE CORONA

Sementara untuk tingkat Kepatuhan, dari yang ditargetkan 19.000 SPT, yang saat ini sudah masuk sekitar 16.000 an SPT. Jumlah ini masih lebih rendah dibanding tahun 2019, yang mencapai 21.000 SPT.

BACA JUGA..  Ketahanan Pangan Selamatkan Ekonomi Rakyat, Gubri Panen Lele Di Kampar

Terkait dengan Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan, target 19.000 SPT, sementara posisi yang masuk itu baru di 16.000. Jadi kita harus mengejar 2500 – 3000 SPT sampai akhir tahun.

BACA JUGA..  Pangkalan Pesawat Intai P-8 Poisedon di LCS ditolak Jokowi, Pengamat : Kalau di Pulau Sabang Lebih Menjanjikan

Sementara tahun kemaren sebelum Pandemi Corona virus kita bisa mencapain target 21000-22000 SPT yang masuk, ungkap, Ferry Irawan.

Ferry Irawan berharap, setiap masyarakat yang sudah memiliki NPWP agar memenuhi kewajiban pelaporan Pajak. Karena setiap NPWP memiliki kewajiban melapor, meskipun batas pelaporan sudah berakhir.

Tidak hanya untuk membantu pencapaian target, tetapi hal ini sangat penting untuk meningkatkan Tax Ratio secara nasional.

BACA JUGA..  Pendamping PKH Motipasi Putra/i Batubara Masuk UMSU Jalur KIP Kuliah Sebagai Role Model Tepat Sasaran

“Kalau tingkat pelaporan kita menurun, maka tax ratio kita juga menurun. Jadi sudah dipastikan rendah, sebutnya.

Lebih lanjut Ferry Irawan mengatakan, upaya untuk meningkatkan jumlah Pelaporan SPT Wajib Pajak, pihaknya terus melakukan pendekatan ke wajib pajak secara langsung, maupun melalui instansi-instansi.

Seperti yang sudah kita lakukan mengirim Pesan Singkat Blast. Dalam daftar setiap wajib pajak mereka kan menyertakan nomor hendpone dan Email.ucapnya mengakhiri. (Rostani)