‘Bu Kombes’ Terbukti Utang Rp 70 Juta Jadi Pertimbangan Hakim Bebaskan Febi

oleh -62.489 views

IDUL FITRI

Medan I Realitas – ‘Bu Kombes’ Terbukti Utang Rp 70 Juta Jadi Pertimbangan Hakim Bebaskan Febi.

Majelis hakim menyatakan Febi Nur Amelia tak bersalah dalam kasus pencemaran nama baik gegara menagih utang lewat Instagram ke Fitriani Manurung. Salah satu pertimbangan hakim adalah Fitriani memang punya utang Rp 70 juta ke Febi.

BACA JUGA :   Menyambut HLN ke-75 PIKK PLN UIWRKR Bagikan 1.000 Masker Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Pertimbangan itu dibacakan majelis hakim dalam sidang vonis di PN Medan, Selasa (6/10/2020). Hakim menyebut Fitriani mendapat pinjaman Rp 70 juta dari Febi pada 2016.

BACA JUGA :   Kasad Pimpin Alih Kodal Yonzikon 11/DW & Laporan Korps 19 Perwira Tinggi TNI AD

UPDATE CORONA

“Saksi Fitriani Manurung ada meminjam uang kepada terdakwa Febi Nur Amelia sebesar Rp 70 juta,” kata hakim.

Febi disebut mentransfer uang Rp 70 juta itu secara bertahap. Transfer pertama berjumlah Rp 50 juta dan kedua Rp 20 juta.

“Febi Nur Amelia langsung mentransfer uang sejumlah Rp 70 juta dengan transfer dua kali, tahap pertama mentransfer sebanyak Rp 50 juta dan tahap kedua Febi mentransfer Rp 20 juta,” ucapnya.

Uang itu ditransfer Febi ke rekening milik suami Fitriani. Hakim juga mengatakan terdapat bukti-bukti Febi mencoba menagih utang ke Fitriani sejak 2017.

“Berdasarkan fakta-fakta di persidangan terbukti bahwa pada sekitar tahun 2017, Febi Nur Amelia mencoba untuk menagih uang yang telah dipinjam oleh Fitriani Manurung, tetapi saksi Fitriani Manurung memberikan beberapa alasan yang menyatakan bahwa saksi Fitriani Manurung belum bisa membayar utang tersebut,” ucap hakim.

Hakim.menyebut Fitriani memblokir WhatsApp dan nomor ponsel Febi. Pada 2019, Febi mencoba menghubungi dan menagih utang lewat DM Instagram ke Fitriani.

“Akan tetapi saksi Fitriani Manurung mengaku tidak mengenal terdakwa Febi Nur Amelia tidak merasa mempunyai utang kepada terdakwa Febi Nur Amelia akhirnya saksi Fitriani Manurung memblokir akun Instagram pribadi milik Febi Nur Amelia,” ucapnya.

Hakim sendiri menyatakan Febi terbukti menulis Instagram story yang menyebut ‘Bu Kombes’. Posting-an itulah yang kemudian dipermasalahkan Fitriani karena merasa tak punya utang dan nama baiknya dicemarkan oleh Febi.

Namun, hakim menyatakan Fitriani memang punya utang Rp 70 juta ke Febi. Utang itupun belum dilunasi ketika Febi menuliskan IG-Story untuk menagih utang tersebut.

“Sampai posting-an itu dibuat saksi Fitriani Manurung terbukti belum membayar utangnya tersebut kepada terdakwa Febi Nur Amelia,” tutur hakim.

“Menimbang bahwa fakta-fakta di persidangan bahwa terdakwa Febi Nur Amelia tidak bisa lagi menghubungi Fitriani Manurung menagih uangnya yang tidak dibayar oleh Fitriani Manurung dan terbukti terdakwa Febi Nur Amelia membuat posting-an tersebut agar saksi Fitriani Manurung agar melihat dan sadar untuk membayar utangnya sebesar Rp 70 juta tersebut kepada terdakwa Febi Nur Amelia,” sambungnya.(Dtc/Red)