5 Orang Tersangka Usai Demo Ricuh di Lampung Makan Korban

oleh -96.489 views

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – 5 Orang Tersangka Usai Demo Ricuh di Lampung Makan Korban.

Kericuhan pecah saat demo menolak pengesahan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) di lingkungan kantor DPRD Provinsi Lampung. Polisi mengungkap sejumlah fakta baru.

BACA JUGA :   Terima Kunjungan Menlu AS, Presiden Bahas Isu Ekonomi Hingga Pertahanan

Awalnya demo digelar di depan DPRD Lampung pada 7 Oktober 2020. Demo diwarnai lemparan batu hingga mengakibatkan puluhan orang mengalami luka-luka.

UPDATE CORONA

“Iya betul, ada yang kena lemparan batu, karena kan pada saat itu mahasiswa ingin masuk ke pintu utama, tapi diarahkan melalui pintu tengah, di situlah terjadi gesekan-gesekan itu,” kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad saat dihubungi, Rabu (7/10/2020).

Polisi kemudian turun tangan menyelidiki kericuhan tersebut. Terbaru, Kombes Pandra Arsyad mengungkapkan ada 24 orang sempat diamankan buntut kericuhan unjuk rasa itu. Lima orang di antaranya ditetapkan jadi tersangka.

“Yang kita amankan itu sampai 24 orang. Tapi yang memenuhi unsur pidana ada 5. 5 Orang ditetapkan tersangka,” kata Pandra kepada wartawan, Kamis (8/10/2020).

Lima orang itu terdiri dari kebanyakan pelajar kelas 11 atau kelas 12, putus sekolah, hingga masyarakat umum. Kelimanya disangkakan dengan Pasal 170 KUHP.

Selain itu, kata dia, 19 orang lainnya sudah dipulangkan. Mereka tidak memenuhi unsur pidana.

Menurut dia, polisi menyita bukti-bukti berupa batu, potongan kayu, hingga besi turut diamankan. “Juga bahkan ada bahan bakar yang ditaruh di wadah plastik dan botol plastik,” ujarnya.

Lebih 19 orang lainnya sudah dipulangkan. Mereka tidak memenuhi unsur pidana.(Dtc/Red)