17 Rumah Warga Rusak Akibat Gempa M 5,3 di Mamuju Tengah

oleh -69.489 views

IDUL FITRI

Mamuju Tengah I Realitas – 17 Rumah Warga Rusak Akibat Gempa M 5,3 di Mamuju Tengah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar) mencatat hingga kini ada 17 rumah warga yang rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,3 pada dini hari tadi.

Warga setempat saat ini tengah bahu membahu memperbaiki rumah yang rusak.

IDUL FITRI

“Untuk saat ini jumlah rumah yang rusak kurang lebih 11 unit rusak berat, dan kurang lebih 6 unit rusak ringan,” ujar Sekretaris BPBD Mamuju Tengah Awaluddin dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (28/10/2020).

Rumah yang mengalami rusak berat itu berada di Desa Kuo, Desa Polo Lereng dan Desa Barakkang, Kabupaten Mamuju Tengah. Gempa bumi juga menyebabkan seorang warga mengalami luka akibat tertimpa reruntuhan.

Untuk warga luka lainnya, BPBD Mamuju Tengah masih melakukan pendataan. “Sementara masih melakukan asesmen,” tuturnya.

Sementara itu, seorang tokoh masyarakat di Desa Kuo, Agus mengungkapkan hingga saat ini pemerintah daerah setempat belum turun ke wiyahnya membantu warga terdampak gempa. Padahal ada 7 rumah warga yang mengalami rusak berat di wilayahnya.

“Kami dari masyarakat, berharap ada uluran tangan dari pemerintah, baik dari kabupaten maupun kecamatan, untuk membantu warga yang terdampak gempa tadi subuh,” kata Agus.

BACA JUGA :   Sederet Masalah Belanja Hibah Pemko Langsa, Harus Ada Tim Audit Segera

Agus juga mengatakan, saat gempa terjadi dini hari tadi sejumlah warga panik dan langsung menyelematkan diri. “Apalagi getarannya sangat terasa,” ucapnya.

Menurut Agus, rumah warga yang runtuh akibat gempa kebanyakan merupakan bangunan semi permanen.

BACA JUGA :   MQK Cara Mebumikan Kitab Kuning di Negeri Syekh Abdurrauf AS Singkili

Sebelumnya diberitakan, gempa bumi magnitudo (M) 5,3 terjadi di Kabupaten Mamuju Tengah pada dini hari tadi. Gempa ini tak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” demikian cuit BMKG lewat akun @infoBMKG, Rabu (28/10/2020).

BMKG melaporkan gempa terjadi pada hari ini pukul 02.43 WIB. Lokasi gempa ada di koordinat 2,24 Lintang Selatan (LS) dan 119,22 Bujur Timur (BT). Pusat gempa ada di 34 km arah barat daya Mamuju Tengah, Sulbar, pada kedalaman 10 km. (Dtc)