PW SEMMI Banten Ajak Elemen Masyarakat Kawal Dana Penanggulangan Covid-19

oleh -215.489 views

IDUL FITRI

Serang Banten I Realitas – PW SEMMI Banten Ajak Elemen Masyarakat Kawal Dana Penanggulangan Covid 19.

Intensitas pengawasan terhadap penggunaan dana penanggulangan covid-19 di berbagai level pemerintahan mulai dari pusat hingga ke desa harus lebih progresif dan Masif dilakukan, baik oleh institusi berwenang maupun komponen sosial masyarakat. Jika ada indikasi, segera laporkan pada pihak terkait.

Ajakan untuk kawal dana Covid 19 itu disampaikan Ketua PW SEMMI Banten, Ridho Rifaldi kepada media Mediarealitas, Kamis (17/09/2020).

Menurutnya, penggunaan anggaran untuk mencegah Corona mesti tepat sasaran, sehingga dapat mencegah covid-19 dan terhindari dari tindak pidana korupsi.

Potensi tindak pidana korupsi bisa saja terjadi dengan berbagai modus perilaku, seperti menggelembungkan harga (Mark- up), kebutuhan jenis barang dengan alasan urgen problem Covid-19, terutama item barang habis pakai, serta kebijakan lainnya yang bertentangan dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku dengan tujuan memperkaya diri dan orang lain.

“Jangan sampai prilaku ketidakpatutan tersebut terjadi di tengah kegelisahan masyarakat dari ancaman pandemi Covid 19 yang melanda dunia dan Indonesia saat ini,” ujar Ridho yang juga Alumni Mahasiswa UIN SMH Banten tersebut.

Seperti diketahui sulitnya perekonomian masyarakat saat ini akibat dari wabah covid-19 menimbulkan banyak kegelisahan dikalangan masyarakat, jangan sampai terjadi Perilaku buruk Penjabat yang memanfaatkan situasi kondisi semacam ini untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya, hal ini bisa dianalogikan seperti menghisap darah saudaranya sendiri.

“Ditengah kesusahan dan kegelisahan kita sekarang ini jangan sampai ada peristiwa melawan hukum pada penjabat khususnya di lingkungan Provinsi Banten yang kemudian mengakibatkan seseorang masuk penjara,” ungkapnya

Kepada para penegak hukum diminta jika ada oknum pemangku kebijakan melakukan tindak pidana korupsi dana penanggulangan Covid-19 harus dihukum berat, karena sikap dan prilakunya tersebut masuk dalam katagori kejahatan luar biasa (Ekstra Ordinary Crime), bukan hanya konteks hukum namun juga sebagai kejahatan kemanusian.

“Karena korupsi di tengah pandemi covid-19 bisa dikatagorikan sebagai kejahatan yang luas biasa, maka mereka harus dihukum berat.

Kami, berharap kepada penegak hukum harus benar-benar dapat mengawasi dana kemanusian itu, sehingga tepat sasaran, dan apabila kami mendapati ada potensi tersebut kami Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI Banten)akan melaporkan perbuatan melawan hukum tersebut. ”tutup tokoh muda Banten ini penuh harap. (RW)