Pinjamkan Sertifikat Tanah ke Teman, Ibu di Bondowoso Ini justru Harus Menebus Rp350 Juta

oleh -125.489 views

IDUL FITRI

BONDOWOSO I Realitas – Pinjamkan Sertifikat Tanah ke Teman, Ibu di Bondowoso Ini justru Harus Menebus Rp350 Juta.

Seorang ibu di Bondowoso, Jawa Timur (Jatim) harus menebus sertifikat tanah miliknya sebesar Rp350 juta dari seorang pemenang lelang bank. Padahal sebelumnya sertifikat tersebut dipinjam oleh temannya. Korban yang awam aturan berharap ada pihak yang bersedia membantu kasus tersebut.

BACA JUGA :   Gelar Operasi Zebra 2020, Polda Metro Jaya Fokus Berikan Edukasi

Rusmiatun, warga Desa Taal, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso ini bingung saat harus menebus sertifikat tanah seluas satu hektare miliknya dari seseorang. Peristiwa ini bermula saat korban meminjamkan sertifikat tanah ke teman berinisial LL pada November 2007.

BACA JUGA :   Puan : Pancasila Bintang Penuntun Indonesia Hadapi Semua Rintangan

UPDATE CORONA

Oleh LL, sertifikat tanah tersebut dijaminkan ke sebuah bank swasta untuk mendapatkan pinjaman. Gagal bayar, jaminan tersebut dilelang oleh bank dan jatuh kepada seorang pemenang atas nama Danny Rachman Hakim.

Pemenang lelang kemudian datang ke Rusmiatun untuk menjual sertifikat tersebut dengan harga Rp350 juta. Padahal dari informasi yang didapat, harga lelang tanah dari bank hanya Rp40 juta.

Selain itu, sebagai pemilik lahan, Rusmiatun juga disuruh menandatangani surat pernyataan untuk mengosongkan atau tidak mengerjakan lagi tanah tersebut dengan batasan waktu.

“Saya sebagai masyarakat, harus bagaimana dan kemana untuk menyelesaikan masalah ini. Saat ini lahan tersebut ditanami tebu,” katanya, Minggu (20/9/2020).

Kini, Rusmiatun berharap ada pihak yang dapat membantu menyelesaikan kasus ini.(IN/Red)