Menteri Luhut Himbau Kembangkan Potensi Pariwisata Disetiap Daerah, Termasuk Riau

oleh -85.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Menteri Luhut Himbau Kembangkan Potensi Pariwisata Disetiap Daerah, Termasuk Riau.

Para Gubernur yang memiliki potensi pariwisata yang bagus diminta untuk lebih aktif memberdayakan sektor pariwisata di daerahnya, begitu juga dengan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut B Pandjaitan saat melakukan Rapat Koordinasi Stimulus BBI untuk Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara daring bersama Gubernur se Indonesia, Jumat (18/9/2020).

UPDATE CORONA

Menurut Luhut, sektor pariwisata dan UMKM memiliki dampak yang sangat luar biasa bagi perekonomian tanah air.

BACA JUGA..  Perang Terhadap Narkoba, Puluhan Anggota Dan PNS Kodim 0728/Wonogiri Di Test Urine

Untuk itu, ia meminta agar para Gubernur khususnya yang memiliki sektor pariwisata yang bagus agar serius dan bekerja keras untuk memajukannya.

“Para gubernur dan bupati di daerah-daerah yang memiliki pariwisata yang bagus agar bekerja keras untuk membangun pariwisata sehingga membuat pariwisata di Indonesia lebih di kenal publik,” Ujarnya.

Menko Luhut berpesan agar gubernur dan bupati memperhatikan kebersihan pariwisata di daerah masing-masing dan membuat kreatifitas yang akan mengangkat nama pariwisata di daerah.

BACA JUGA..  Kalemdiklat Polri Lantik 2923 Perwira Polri Lulusan Pendidikan Alih Golongan Dari Bintara Menjadi Perwira TA. 2020

Begitu juga dengan dunia usaha, ia mengatakan bahwa kontribusi UMKM juga memiliki pengaruh sangat besar bagi roda perekonomian di Indonesia.

Masih, kata Luhut, dengan teknologi digital saat ini para UMKM harus bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Sebab menurutnya, teknologi digital memberikan banyak kemudahan dan memberikan keuntungan yang besar bagi pelaku usaha.

BACA JUGA..  Satgas Yonif MR 413 Kostrad Bersama Bea Cukai Jayapura Gelar Press Conference

Ia melihat, saat ini Indonesia memiliki lebih kurang 68 juta UMKM, namun UMKM yang memanfaatkan teknologi digital baru sekitar 10 juta UMKM.

“Semoga sampai akhir tahun 2020 ini jumlah UMKM yang memanfaatkan teknologi bisa mencapai 11 juta,” Harapnya.

Dalam masa pandemi saat ini, ia berharap agar sektor pariwisata dan UMKM tidak down dan menjadikan situasi saat ini sebagai peluang bagi pertumbuhan ekonomi bangsa. *(mirza/nv)