Khawatir Penyebaran Wabah Covid-19 Meluas, Kapolsek Bukit Raya Dan Camat Bersama Tim Yustisi Sosialisasikan Wajib Masker

oleh -103.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Khawatir Penyebaran Wabah Covid-19 Meluas, Kapolsek Bukit Raya Dan Camat Bersama Tim Yustisi Sosialisasikan Wajib Masker.

Situasi dan kondisi terkini penyebaran wabah Covid-19 di kota Pekanbaru sudah sangat mengkhawatirkan, usai penerapan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) pada Selasa (15/09/20) kemarin untuk Kecamatan Tampan, tidak tertutup kemungkinan juga akan diterapkan di wilayah kecamatan lainnya.

Seperti halnya Kecamatan Bukit Raya yang posisi wilayahnya berada di pusat kota dengan tingkat penduduknya terbilang cukup banyak, tentu sangat rentan terhadap penyebaran pandemi Covid-19 tersebut.

Maka dengan demikian, melalui hubungan baik dan sinergitas antara pemerintah, TNI-Polri, dan institusi terkait pada Rabu (16/09/20) petang mengelar aksi sosial berupa himbauan dan pembagian masker di pusat-pusat keramaian yaitu di Jalan Imam Munandar/Jalan Harapan Raya.

Aksi sosial menghimbau masyarakat agar dapat mendisiplinkan diri dalam memakai masker tersebut dihadiri langsung oleh Camat Bukit Raya Wahyu Idris, Kapolsek Bukit Raya Kompol Bainar SH, MH, Waka Polsek AKP Nursyafniati, Babinsa, babinkamtibmas, dan instansi terkait.

Sebelum berangkat melaksanakan aksi mobilisasi kegiatan tersebut, Kapolsek Bainar memimpin apel dihadapan tim yustisi untuk dapat bersikap baik dan humanis kepada masyarakat dalam menghimbau kewajiban memakai masker di masa pandemi Covid-19.

“Jaga situasi keamanan dan kenyamanan masyarakat selama melaksanakan himbauan, ajak dan berikan pemahaman bagi masyarakat tentang bahaya penyebaran wabah Covid-19. Sehingga apa yang kita harapkan untuk menekan angka pasien yang positif Covid-19 dapat tercapai,” Ujar Kompol Bainar.

Ia juga menyebutkan, aksi sosialisasi ini merupakan operasi simpatik dengan melakukan teguran-teguran kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, salah satunya wajib memakai masker.

“Kami dari pihak kepolisian akan tetap mendukung dan membantu pemerintah dalam menerapkan aturan-aturan yang sudah diatur oleh Perwako, seperti menjalankan hukuman berupa sanksi denda dan sanksi administrasi bagi masyarakat yang tidak mematuhinya,” Sebut Kapolsek Bainar sembari menjelaskan masker ku melindungi mu, masker mu melindungi ku.

Untuk diketahui, kasus pasien positif diwilayah Kecamatan Bukit Raya sampai saat ini terdapat 178 orang atau berada diurutan nomor empat diantara 12 kecamatan yang ada di kota Pekanbaru.

Hal ini diutarakan langsung oleh Camat Bukit Raya Wahyu Idris ketika menanggapi pernyataan dari awak mediarealitas.com usai apel tim yustisi gabungan di Mapolsek.

“Iya benar, data yang kita terima dari tim gugus tugas Covid-19 bahwasanya kondisi diwilayah bukit raya saat ini sudah mulai memprihatinkan.

Untuk itu saya sebagai Camat berharap kepada seluruh masyarakat agar bisa bersama-sama memutuskan mata rantai penyebaran wabah Covid-19 dengan mentaati protokol kesehatan, terutama wajib menggunakan masker dimana kita berada,” Tutup Camat Wahyu seraya mengatakan kekhawatirannya apabila jumlah pasien yang positif melebihi jumlah tenaga medis yang mengobatinya. *(Mirza)