Danrem 031/WB Hadiri Pembukaan TMMD 109 Di Wilayah Kodim 0302/Inhu

oleh -94.489 views

IDUL FITRI

Rengat I Realitas – Danrem 031/ Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan yang diwakili oleh Kasrem 031/Wira Bima Kolonel Inf Junaidi M S Sos MSi menghadiri pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 TA 2020 yang digelar di Kodim 0302 Inhu, Selasa (22/9/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Inhu Yopi Arianto mengapresiasi TMMD sebagai salah satu program bakti TNI yang sangat besar manfaatnya dan sudah dirasakan oleh masyarakat.

Lebih lanjut Bupati Yopi menyampaikan TMMD salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan pemerintah baik pusat maupun daerah.

IDUL FITRI

“Terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan,” Lanjut Bupati.

Oleh karena itu dirinya menegaskan agar badan, dinas dan instansi terkait bisa bersinergi dan berpadu untuk memaksimalkan TMMD tersebut.

BACA JUGA :   Puluhan Rumah di Belawan Ludes Dilahap Sijago merah

Harapan serupa juga disampaikannya kepada masyarakat, “Kepada masyarakat di daerah lokasi TMMD ini, saya berharap agar berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan TMMD ini agar tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal sesuai dengan harapan masyarakat”.

Sementara itu, Dandim 0302/Inhu, Letkol Czi Eko S Setiawan dalam paparannya menyampaikan TMMD memiliki dua tujuan,

Pertama, untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Inhu mempercepat pembangunan di daerah.

Kedua, terwujudnya kemanunggalan TNI rakyat secara serasi dan terpadu.

Berdasarkan pemaparannya, waktu pra TMMD digelar mulai tanggal 14 September 2020 sampai dengan 21 September 2020.

Kemudian waktu pelaksanaan TMMD dimulai tanggal 22 September 2020 sampai dengan 21 Oktober 2020.

“Tempat pelaksanaan TMMD di Kabupaten Inhu tahun 2020 di dua kecamatan, yakni Kecamatan Batang Cenaku dan Kecamatan Kuala Cenaku,” Ujar Dandim.

BACA JUGA :   Peduli Aset Budaya, Koramil Jagoi Babang Gotong Royong Bersihkan Rumah Adat

Selanjutnya Dandim juga memaparkan sejumlah sasaran TMMD di Kabupaten Inhu baik fisik maupun non fisik.

Terdapat enam titik yang akan menjadi lokasi sasaran fisik TMMD, yakni satu titik pembukaan jalan emam titik semenisasi jalan.

Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan dengan melibatkan sejumlah instansi terkait, diantaranya penyuluhan bela negara, penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang bahaya Covid-19, penyuluhan tentang pertanian, penyuluhan tentang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), penyuluhan tentang hukum dan Kamtibmas, penyuluhan tentang bahaya narkoba, penyuluhan tentang teroris dan bahaya radikalisme serta pemutaran film bertema patriotisme.

Kemudian ditempat yang sama Danrem 031/WB melalui sambutannya yang dibacakan Kasrem menyampaikan pedoman prajurit Satgas TMMD ke-109 di lapangan.

“Laksanakan tugas TMMD dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab yang tinggi. Bekerjalah secara profesional dengan tetap memperhatikan faktor keamanan baik personel maupun materiil serta patuhi protokol kesehatan Covid-19.

BACA JUGA :   HUT Korps Polairud ke-70, Dirpolairud Polda Banten: Kami Siap Dukung Pembangunan Nasional

Bangun solidaritas dan sinergitas yang kokoh antar sesama prajurit TNI, Polri, aparat pemerintah, dan komponen masyarakat lainnya guna mengoptimalkan pelaksanaan TMMD. Perhatikan faktor cuaca dan mempertimbangkan waktu yang ada agar kegiatan TMMD dapat berjalan lancar dan tepat waktu,” Ujar Danrem 031/WB

Kemudian Danrem juga mengingatkan agar selama pelaksanaan TMMD prajurit juga harus menghormati dan memahami adat istiadat dan budaya daerah setempat serta manfaatkan segala dukungan yang ada secara optimal.

“Memanfaatkan TMMD ini sebagai sarana berinteraksi dengan masyarakat untuk memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat dan mendukung  tugas prajurit di lapangan secara optimal,” Tutur Orang nomor satu di Korem 031/WB tersebut. *(mirza)