Bupati Ramli Vedcom Bersama Plt Nova, Lapor Aceh Barat Sudah Orange

oleh -141.489 views

IDUL FITRI

Meulaboh | Realitas – Bupati Ramli Vedcom Bersama Plt Nova, Lapor Aceh Barat Sudah Orange.

Bupati Aceh Barat Ramli MS melakukan Vidio Condfrence bersama Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah melaporkan Aceh Barat sudah kembali ke zona Orange yang sebelumnya sempat merah di Ruang Rapat Bupati, Jumat (18/9/2020).

BACA JUGA :   Polisi Buru Siapa Pasangan Durjana Pembuang Bayi di Garut

Vidcon tersebut turut diikuti oleh Plt. Gubernur Aceh, Wali Nanggroe, Forkopimda se Aceh, Bupati/Walikota se Aceh, SKPD dan SKPK terkait.

UPDATE CORONA

Saat Vedcom itu, Bupati Aceh Barat menyampaikan laporan kepada Plt. Gubernur Aceh mengenai saat ini Aceh Barat berzona orange dan siap menjalankan Perbup penegakan disiplin dan penerapan protokol kesehatan yang kini sedang disosialisasikan ke seluruh pelosok-pelosok Gampong di Aceh Barat.

Bupati menuturkan sosialisasi itu juga melibatkan para ulama dan tokoh masyarakat untuk mengajak warga agar mematuhi protokol kesehatan.

Dikatakan Bupat, kendala yang dialami di Aceh Barat adalah lamanya hasil tes swab, untuk itu Bupati meminta solusi kepada Plt. Gubernur terhadap permasalahan tersebut, dan jika memungkinkan Bupati meminta agar Plt. Gubernur menganggarkan dana untuk pengadaan alat swab berdasarkan rayon saja.

Terkait Insentif tenaga medis di Aceh Barat saat ini sedang berproses, tambahnya.

Sementara itu Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pemerintah di seluruh Kabupaten/Kota dan TNI-POLRI seluruh Aceh dengan segenap daya upaya telah melakukan berbagai langkah untuk mencegah penularan dan menangani pasien Covid-19, termasuk kegiatan Gebrak Masker dan penambahan ruang Pinere di Rumah Sakit rujukan di masing-masing wilayah merupakan kolaborasi kerjasama yang baik antara semua stakeholder dari berbagai pihak yang selama ini telah berlangsung.

Menurut Nova, Perkembangan kasus Covid-19 di Aceh selama ini sangat memprihatikan, kasus Covid-19 meningkatk di 23 Kabupaten/Kota di Aceh, seperti Banda Aceh dan Aceh Besar merupakan zona merah dan beresiko sangat tinggi, Aceh Timur termasuk zona kuning dengan resiko rendah dan Kabupaten/Kota lainnya zona orange dan hijau dengan resiko sedang.

Selain itu Nova menyampaikan sudah ada tenaga kesehatan yang berjuang digarda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19 dan dari mereka ada yang telah meninggal dunia.

Lebih lanjut disampaikan Pemerintah Aceh telah mengupayakan insentif dan fasilitas lainnya bagi tenaga kesehatan baik itu yang bersumber dari APBN, APBA dan sumber lainnya.

Nova juga mengatakan penanganan Covid-19 juga harus melibatkan semua pihak diluar pemerintahan, mulai dari sektor swasta, masyarakat dan individu.

“Mari kita bekerja sama bahu membahu sesuai wewenang dan tugas masing-masing” tutur Nova. (Wawan)