Tanggapi Keluhan Masyarakat, Kelurahan Kampung Baru Langsung Mengantisipasi Lingkungan Rawan Banjir

oleh -92.489 views

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Tanggapi Keluhan Masyarakat, Kelurahan Kampung Baru Langsung Mengantisipasi Lingkungan Rawan Banjir.

Dalam mengatasi permasalahan banjir yang kerap terjadi apabila hujan di sebagian wilayah kota Pekanbaru, Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan mulai menanggapi hal tersebut.

Sesuai arahan Walikota Pekanbaru Dr. Firdaus ST, MT selalu mengingat kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta jajaran Camat dan Lurah agar selalu memperhatikan kondisi kebersihan lingkungan terutama situasi dan kondisi daerah yang rawan banjir.

Melalui program kegiatan melalui konsep pembangunan sarana dan prasarana dan pemberdayaan masyarakat Kelurahan Kampung Baru yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan APBN tahun 2020 diharapkan dapat menjawab permasalahan masyarakat khususnya wilayah yang terdampak banjir tersebut.

Dalam hal ini Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos mengatakan bahwasanya terdapat suatu tempat yang kerap terjadi musibah banjir tepatnya berada di Jalan Singkawang RT. 02 RW. 03 belum pernah disentuh dari pihak manapun.

“Syukur alhamdulillah kami dari pemerintah kelurahan Kampung Baru bersama dengan LKM-RW Panca Jaya Bakti RW. 03 sebagai pelaksana kegiatan melaksanakan pekerjaan saluran drainase dan gorong-gorong,” Ujar Lurah Yeni.

Untuk diketahui, pekerjaan saluran drainase dan gorong-gorong tersebut meliputi pekerjaan saluran dengan ketebalan 120/110 Milimeter dan pekerjaan box culvert dengan ketebalan 160/150 Milimeter.

“Pelaksanaan kegiatan ini sudah berjalan selama hampir lebih kurang lima hari, dengan mengerjakan turap drainase sepanjang 52 Meter kiri dan kanan serta membuat box culvert sepanjang 4 Meter, mengingat struktur jalan tersebut melengkung sehingga mengakibatkan air mengumpul ditengah apabila hujan tiba,” Tutup Lurah Kampung Baru sembari mengatakan diupayakan pengerjaan pembangunan tersebut diperkirakan selesai selama 20 hari.

Untuk memastikan pelaksanaan kegiatan hal tersebut, pada Jum’at (14/08/2020) kemarin unsur pemerintah Kecamatan Senapelan yang dihadiri oleh Kasi Pemerintahan Abdullah S.Sos meninjau lokasi pengerjaan didampingi oleh Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos, Seklur Yasir Hidayat A.Md, serta Ketua LKM-RW Panca Jaya Bakti Sukriyono Rupit dan Ketua Forum RT/RW Ir. Alfitri Alfa. *(Mirza)