1 Orang Tewas dalam Demonstrasi Sengketa Pemilu di Belarus

oleh -223.489 views

IDUL FITRI

Belarus I Realitas – 1 Orang Tewas dalam Demonstrasi Sengketa Pemilu di Belarus.

Seorang pria tewas dalam aksi protes di Belarus ketika demonstran bentrok dengan polisi pada malam kedua. Demonstrasi itu muncul sebagai protes atas sengketa pemilu yang membuat Presiden Alexander Lukashenko menjabat untuk keenam kalinya.

Selasa (11/8/2020), ribuan orang turun ke jalan-jalan ibu kota Minsk Senin (10/8) malam. Mereka mengatakan bahwa Lukashenko telah mencuri pemilu dari penantangnya, politikus pemula Svetlana Tikhanovskaya.

“Terlalu banyak orang yang menentang Lukashenko,” kata Pavel (34), seorang pengunjuk rasa kepada AFP.

“Tujuan kami adalah untuk menggulingkan Lukashenko. Dia tidak layak menjadi presiden,” ungkapnya.

Pada satu titik api di Minsk, pengunjuk rasa – kebanyakan pria tetapi juga beberapa wanita – menggunakan karung, ember dan penghalang logam untuk membangun barikade, kata seorang fotografer AFP.

Keberadaan Tikhanovskaya – yang telah mengklaim kemenangan dalam pemilihan hari Minggu (9/8) dan menyerukan agar Lukashenko mundur – tidak diketahui hingga Senin (10/8) malam.

Seorang pria tewas ketika alat peledak meledak di tangannya pada Senin (10/8) malam, kata polisi, membenarkan korban pertama dari aksi protes pasca pemilihan.

“Salah satu pengunjuk rasa mencoba melemparkan alat peledak tak dikenal ke anggota penegak hukum. Alat itu meledak di tangannya,” kata Kementerian Dalam Negeri, menambahkan bahwa dia meninggal karena luka-lukanya.(Dtc/Red)