Pesawat Angkut 100 Orang Jatuh Timpa Permukiman di Pakistan

oleh -110.201 views

IDUL FITRI

ISLAMABAD | REALITAS Pesawat maskapai Pakistan International Airlines (PIA) jatuh di Karachi, Jumat (22/5/2020). Otoritas penerbangan sipil menyatakan, pesawat nahas itu mengangkut lebih dari 100 orang.

Video yang dirilis stasiun televisi nasional memperlihatkan pesawat jatuh menimpa permukiman penduduk. Asap hitam tebal membumbung ke udara dan dan api terlihat masih menyala.

“Pesawat jatuh di Karachi, kami masing mengonfirmasi jumlah penumpang, tapi laporan awal menyebutkan ada 99 penumpang dan delapan kru,” kata juru bicara otoritas penerbangan Pakistan, Abdul Sattar Khokar, dikutip dari AFP. Penyebab kecelakaan belum diketahui.

Hantam Rumah
Pesawat Pakistan International Airlines (PIA) yang jatuh di Karachi, Jumat (22/5/2020), merupakan Airbus A320.

Otoritas penerbangan sipil Pakistan menjelaskan, pesawat nahas itu lepas landas dari Lahore dan jatuh saat hendak mendarat di Bandara Internasional Jinnah, Karachi.

Disebutkan, pesawat menimpa permukiman penduduk berjarak sekitar 3,2 kilometer dari bandara.

Sejauh ini diketahui ada 107 penumpang dan kru di dalamnya, namun belum ada informasi mengenai kondisi mereka, termasuk apakah ada korban yang berada di darat.

Kecelakaan ini terjadi beberapa hari setelah Pakistan membuka kembali penerbagan komersial setelah lockdown akibat wabah virus corona.

Pesawat PIA pernah mengalami kecelakaan pada 2016. Salah satu dari dua mesin turboprop mengalami kerusakan menyebabkan pesawat terbakar dalam penerbangan di wilayah terpencil, menyebabkan lebih dari 40 orang tewas.(ines/red)