47 Hakim Agung Akan Pilih Ketua MA Ke-14 Senin Pekan Depan

oleh -15.201 views

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – Sebanyak 47 hakim agung akan memilih Ketua Mahkamah Agung (MA) pada Senin (6/4) pekan depan. Sebab, Ketua MA Hatta Ali akan pensiun pada Selasa (7/4) keesokan harinya.

“Jadinya pemilihan akan dilakukan pada Senin (6/4),” kata juru bicara MA hakim agung Andi Samsan Nganro kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

Sebanyak 47 hakim agung tersebut merupakan jumlah seluruh hakim agung yang ada saat ini. Nantinya mereka akan memilih Ketua MA dengan masing-masing hakim agung memiliki hak dipilih dan memilih.

“Saat ini ada 47 hakim agung yang memiliki hak pilih dan memilih,” ujarnya.

Pemilihan akan dilakukan dengan memperhatikan protokol pencegahan penyebaran virus Corona. Mereka akan duduk berjauhan di ruang Koesoemah Atmajan dengan jarak 2,5 meter.

“Juga akan disiarkan secara langsung lewat live streaming,” ucap Andi.

Sempat beredar undangan pemilihan akan digelar Kamis (2/4) esok hari. Namun MA meralat bahwa esok baru rapat panitia. Terjadi kesalahpahaman di kalangan internal MA.

Sebagaimana diketahui, Hatta Ali menjadi Ketua MA ke-13 pada 2012 hingga 2017, menggantikan Harifin Tumpa. Setelah itu ia terpilih kembali 5 tahun ke depan. Tapi, karena Hatta Ali pensiun sebagai hakim agung tahun ini, ia harus menyudahi kepemimpinannya.

Selama menjadi Ketua MA, Hatta Ali tidak seperti para 12 Ketua MA sebelumnya, yang tetap mengadili perkara. Hatta Ali memilih menanggalkan palu dan tidak mengadili perkara sama sekali.(Dtc/Red)