62419 KALI DIBACA

Milad SIT Al-Andalus, Walikota Pekanbaru Harapkan Anak Dapat Menjadi Generasi Muda Yang Berakhlak

Milad SIT Al-Andalus, Walikota Pekanbaru Harapkan Anak Dapat Menjadi Generasi Muda Yang Berakhlak
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Milad SIT Al-Andalus, Walikota Pekanbaru Harapkan Anak Dapat Menjadi Generasi Muda Yang Berakhlak

Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al-Andalus Pekanbaru merupakan binaan Yayasan Pendidikan Riau Andalusia melaksanakan Milad yang Ke-2 pada Sabtu (25/01/2020).

Adapun tema diangkat saat ini yaitu Membangun Peradaban Dengan Taqwa Mandiri Dan Prestasi ini diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti bakti sosial dengan menyantuni anak yatim di panti asuhan Al-Muzakki yang berada di Jalan Melur, Pameran Kreatifitas seperti karya kerajinan siswa, Perlombaan Tingkat TK-SD, Bazar.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Walikota Pekanbaru DR. Firdaus ST MT, Pembina Yayasan Pendidikan Riau Andalusia H. Saleh Djasit SH, Ketua Yayasan Pendidikan Riau Andalusia Ir. H.M. Yamin Yahya MM, Kadis Pendidikan Abdul Jamal M.Pd, Camat Tampan Liswarti, Lurah Sidomulyo Barat Hendri Syafitra SH MH, seluruh tamu undangan dan wali murid lainnya.

Sebagai Pembina Yayasan Pendidikan Riau Andalusia, Saleh Djasit mengatakan karakter anak bangsa untuk saat ini perlu dibekali dengan pondasi agama yang kuat.

“Pada intinya anak-anak kita harus memiliki jiwa dan moral keagamaan sesuai dengan norma pancasila yaitu percaya kepada Tuhan YME sehingga dapat diterapkan dengan sungguh-sungguh,” Ujar Saleh Djasit.

Gubernur Riau ke-7 periode, 1998 hingga 2003 ini juga mengatakan melalui SIT Al-Andalus Pekanbaru bertekad akan melahirkan anak-anak menuju generasi yang tangguh, cerdas, dan kreatif.

“Orang Indonesia pintar menghafal, tentunya dengan pola yang kita terapkan sampai saat ini yaitu membaca dan menghafal Al-qur’an dapat menambah ilmu yang sangat berguna bagi anak-anak kita semua,” Tambah Saleh.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru Dr. Firdaus ST MT mengatakan kegiatan Panggung Edukasi Anak (Pena) yang diselenggarakan oleh SIT Al-Andalus Pekanbaru sangat berguna bagi anak didiknya.

“Kegiatan ini merupakan wadah untuk anak kita dalam mengaktualisasikan dirinya ke arah yang lebih positif. Karena kualitas pendidikan serta membangun jiwa dan kepribadian anak merupakan tanggung jawab kita semua, sehingga anak tersebut dapat memiliki dan meningkatkan kepercayaan diri selama beraktifitas nantinya,” Ucap Walikota Pekanbaru.

Pemerintah kota Pekanbaru akan terus mendukung dan berkomitmen untuk menanamkan serta menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan kepada generasi muda kedepannya.

“Melalui edukasi ini kita sudah mengenalkan dan menanamkan kecintaan keagamaan kepada anak-anak kita melalui program seni dan budaya yang mudah diterima secara baik dan benar,” Ujar Walikota Pekanbaru.

Untuk itu, Walikota Pekanbaru juga mengharapkan dalam hal pembentukan sikap dan perilaku anak-anak tersebut dapat membedakan mana yang baik dan buruk, mana yang boleh dan tidak boleh sehingga dapat terbiasa dalam kehidupan sehari-hari.

“Dasar-dasar pendidikan ini sebenarnya sudah pernah dilatih pada saat belajar di sekolah taman kanak-kanak, kemampuan dasar berkomunikasi, berbahasa, berkesenian, melatih fisik motorik serta kognitif anak dan sebagainya,” Ujar Walikota.

Pemimpin visioner ini juga menghimbau kepada seluruh tenaga pendidik agar berperan aktif dengan segala kemampuan kreativitasnya dalam membimbing dan memantau perkembangan anak-anak didik agar senantiasa dapat membentuk inovasi-inovasi baru pada saat proses belajar mengajar.

“Saya meminta kepada guru arahkan anak-anak kita sesuai minat dan bakatnya, karena masa perkembangan anak akan menuju ke arah yang positif untuk bekal hidupnya kelak, jangan sia-siakan kesempatan ini,” imbuh Walikota.

Ia juga menyampaikan generasi muda islam harus dapat terus dipertahankan, karena maju mundurnya perkembangan suatu negara terletak di tangan umat islam.

“Kepada orangtua, marilah kita selalu mengutamakan pendidikan agama kepada anak kita, terutama tentang pemahaman al-qur’an dan pendidikan akhlak anak itu sendiri,” Tutup Dr. Firdaus ST MT.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian Sekolah IT Al-Andalus Pekanbaru, sekaligus pemberian buku Pekanbaru Madani dari metropolitan menjadi Smart City menuju masyarakat yang madani. ***(Mirza/Yudi)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS