example banner
125519 KALI DIBACA

Dana BOK Puskesmas Diduga Jadi Ladang Empuk Kapus “Polda Aceh Minta Lidik

Dana BOK Puskesmas Diduga Jadi Ladang Empuk Kapus “Polda Aceh Minta Lidik
Pengiat lsm Tipikor
example banner

Kutacane I Realitas – Dana BOK Puskesmas Diduga Jadi Ladang Empuk Kapus “Polda Aceh Minta Lidik.

Diduga akibat tidak adanya transparansi dalam pengelolaan program Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) pada Puskesmas di Kabupaten Aceh Tenggara, sehingga menimbulkan kerugian bagi petugas kesehatan  dan masyarakat. Dewasa ini Puskesmas yang diduga tak transparan diantaranya, puskesmas Lawe Sigala-Gala, Tanoh Alas dan puskesmas Biak Muli.

Jupri R salah seorang pengiat lsm tindak pidana korupsi (Tipikor) Agara kepada media Selasa (21/1/2020) mengatakan, kepala puskesmas yang disebut, selaku pembuat kebijakan, diduga tidak transparansi dalam pengelolaan dana BOK yang berlangsung sejak tahun 2019 lalu, yang menelan anggaran milyaran rupiah.

Adanya indikasi ketidak transparan kapus dan bendahara Puskesmas selaku pengelola dana BOK tersebut mendapat perbincangan hangat dari beberapa staf puskesmas kata Jupri R.

Dijelaskan Jupri R. Regulasi pembagian jasa medis dari dana BOK itu belum tepat sasaran, karena diduga di sunat oleh kapus,” Jadi ladang empuk bagi kapus. Pada dewasa ini, penggunaan dana BOK kurang mengakomodasi kebutuhan Puskesmas, sehingga selama ini pelayanan di Puskesmas masih minim akibat dari perbuatan kapus yang disebut diatas, untuk itu kita minta kepada Polda Aceh melalui Dir Reskrimsus agar melakukan lidik terhadap dana BOK di puskesmas yang jumlahnya milyaran rupiah tandas Jupri R.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Zainuddin pada Selasa (21/1/2020) belum bisa dikonfirmasi, karena tidak masuk kantor, sehingga berita ini dilansir belum bisa memberikan keterangan. (Sumardi/Yudi)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS