example banner
10019 KALI DIBACA

24 Ribu Warga Langsa Belum Miliki KTP Elektronik

24 Ribu Warga Langsa Belum Miliki KTP Elektronik
example banner

Langsa I Realitas – Sebanyak 24 ribu warga Kota Langsa belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Demikian dikatakan Kepala Dinas Dukcapil Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latif MM, Selasa (21/1).

Dijelaskannya, sampai dengan Januari 2020 jumlah penduduk Kota Langsa telah mencapai 189.280 jiwa, sementara yang sudah wajib memiliki e-KTP mencapai 133.505 orang, yang sudah dicetak sebanyak 112.216 orang, sudah direkam 117.047 orang, yang dikeluarkan surat keterangan (SUKET) 15.585 orang.

“Yang belum memiliki sama sekali kartu tanda penduduk (KTP) Elektronik sebanyak 24.090 orang, itu diperkirakan warga yang sudah mencapai usia 17 tahun, “ujar Ibrahim Latif.

Menurutnya, kekurangan atau tidak ada blanko ktp elektronik bukan hanya di Kota Langsa saja, tetapi semua daerah di Indonesia mengalami kekurangan.

“Kita berharap kepada seluruh warga kota Langsa yang belum dicetak kartu tanda penduduk (KTP) elektronik supaya terus melapor ke Disdukcapil kota Langsa untuk direkam. Begitu datang blanko dari Jakarta, langsung kita rekam,” harapnya.

Lanjutnya, untuk diketahui oleh masyarakat, bahwa mengurus ktp elektronik dan mengurus administrasi kependudukan lainnya tidak dikutip biaya apapun, dan siap dengan cepat. Makanya, kita harap kepada warga masyarakat untuk mengurus sendiri ktp elektornik tanpa harus melalui calo atau agen.

“Kita berharap kepada masyarakat jika mengurus ktp elektronik dan mengurus administrasi kependudukan lainnya tidak melalui calo, tapi langsung ke petugas loket dan tidak dipungut biaya apapun,” tegasnya.

Sambung Ibrahim Latif, pihaknya terus secara berkala menjemput blanko ktp elektronik di Dirjen Dukcapil Kemendagri.

“Blanko ktp elektronik kita usahakan tetap tersedia di Disdukcapil Kota Langsa, jadi masyarakat tak perlu resah. Kalau blankonya habis kita mengambil lagi ke Jakarta, kita berusaha agar semua warga yang telah mencapai usia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah diusahakan memiliki ktp elektronik,” pungkasnya.(PNG/Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS