55419 KALI DIBACA

Terkait Proyek Peningkatan Jaringan Irigasi CV. Beru Dinam Di Agara Jadi Selebritis

Terkait Proyek Peningkatan Jaringan Irigasi CV. Beru Dinam Di Agara Jadi Selebritis
example banner

Kutacane I Realitas – Terkait Proyek Peningkatan Jaringan Irigasi CV. Beru Dinam Di Agara Jadi Selebritis , Sejumlah proyek yang dikerjakan oleh CV. Beru Dinam melalui Dinas perumahan, kawasan permukiman dan pertanahan (Perkimtan) kembali menjadi sorotan di berbagai kalangan, dewasa ini proyek peningkatan jaringan irigasi yang terletak di Desa Lawe Harum Kecamatan Deleng Phokison Kabupaten Aceh Tenggara. Sementara anggaran dana yang di alokasikan sebesar Rp 674 yang sumber dana APBD tahun 2019. Kendati, proyek itu diduga asal jadi.

Dalam beberapa pemberitaan media ditulis bahwa diduga kuat pihak Dinas Perkimtan dan kontraktor kebal hukum sehingga bekerja sesuka hati, hal ini sudah jelas melanggar aturan dalam mengelola keuangan negara, hal ini mendapat pandangan dari lembaga pengembangan potensial intelektual muda Aceh Tenggara (LP2im). M.Sopian Desky SH pada Rabu (16/10/2019) mengatakan,
setiap proyek fisik yang sudah selesai dikerjakan oleh pihak rekanan atau kontraktor, maka pelaksana pihak rekanan masih mempunyai tangungjawab, yakni “masa pemeliharaan” terhadap perkerjaan tersebut sebesar 5% dari nilai pagu perkerjaan.

Dana pemeliharaan tersebut diperuntukan apabila terjadi kerusakan pada proyek fisik, ” seperti proyek peningkatan jaringan irigasi saat ini diduga asal jadi, seharusnya pihak panitia pelaksana teknis kegiatan (PPTK) atau pengawas menegur pihak rekanan, namun hal ini tak mungkin,” maklum orang dekat Bupati Agara, karena menurut aturan masa pemeliharaan diperkirakan selama 120 hari setelah di
Provisional Hand Over (PHO) oleh pihak dinas terkait, untuk itu kita meminta kepada tim PHO Kabupaten agar meninjau kembali pekerjaan yang dikerjakan oleh CV. Beru Dinam sebelum dijadikan 100%.

Dijelaskan Sopian,” CV. Beru Dinam ini banyak mengerjakan proyek fisik, menurut penilaian saya, bahwa setiap proyek yang dikerjakan oleh CV. Beru Dinam ini pasti bermasalah, jadi wajar memang CV. Beru Dinam ini jadi selebritis pada pemerintah saat ini, untuk itu kita minta kepada pihak hukum khususnya Polda Aceh agar membentuk tim investigasi terhadap proyek yang ditangani oleh CV. Beru Dinam yang ada di Agara, karena pemilik CV ini merupakan orang yang dekat dengan Bupati, sehingga mudah mendapatkan proyek tutur Sopian.

Sementara itu PPTK kegiatan Boby belum bisa dikonfirmasi, sehingga belum bisa memberikan keterangan terkait proyek peningkatan jaringan irigasi yang ada di Desa Lawe Harum. (Sumardi/Yudi)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS