Direktur PMD : Bireuen akan Menjadi Pilot Project Atau Proyek Percontohan Untuk Pengembangan Desa Ramah Anak

oleh -173.579 views

Bireuen I Realitas –  Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Muhmmad Fakhri, S.STP, M.Si, jika Kabupaten Bireuen akan dijadikan sebagai pilot project atau proyek percontohan untuk pengembangan Desa Ramah Anak.
Penegasan itu dikatakan, Muhammad Fachri, S.STP, M.SI pada kesempatan Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong masyarakat (BBGRM) ke XVI dan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) di Pantai Pangah, Desa Ie Rhob, Kecamatan Gandapura. Kabupaten Bireuen, Senin (30/9). Dalam kesempatan tersebut Turut memberi kata sambutan Ketua tim Penggerak PKK Kabupeten Bireuen, Hj Fauziah Daud.
Dikatakan, Keberhasilan menjuarai kegiatan di bidang Perempaun dan anak,yang emndapatkan juara tingat nasional diMakasar, seperi dilaporkan Kadis Pemberdayaan Gampong Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupeten Bireuen, menunujukkan semua itu, tidak terlepas dari peran strategis ketua tim penggerak PKK beserta jajarannya. “Hal ini, karena Ketua Tim Penggerak PKK, telah membangun kaloborasi dengan Multi Stekholder dengan Perintah Daerh dan Pemerintah Desa,” ujar Muhammad Fachri.
Direktur PMD itu, jug menjelaskn kembali, komitmen atau konsistensi pemerintah dalam pembangunan desa yang mana Undang-undang No 6 tahun 2014, disebutnya, menjadi toinggak atau titik balik kebangkitan desa. Dalamk kesempatan itu, juga dijelaskan tentang program nawacita presiden RI, Joko Widodo., serta memaparkan masalah infratuktur jalan tol , dan Investasi maupun peranan PKK dan lainnya, yang diharapkan Indomesia akan lebih maju dan berkembang,
Dalam laporannya, Kadis Pemberdayaan Masyarakat,Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bireuen, Bob Miswar, S.STP, M,Si menyebutkan, jika kegiatan tersebut dalam rangka menggelorakan kembali semangat kegotong royongan, juga keswadayaan masyarakat serta gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. “Itu Semua dalam momentum puncak akfitas dan jati diri PKK, yang merupakan landasan pelaksanaan peringatan bulan bakti,” sebt Bob Miswar dalam laporannya.

BACA JUGA :   Warga Aceh Tamiang Meningal Di Malaysia, Haji Uma Bantu Pulangkan

Dalam kesempatan itu, disebutkan juga aneka perlombaan yang diikutsertakan yang dirincikannya sebagai berikut, lomba Teknologi tepat guna unggulan, Investasi teknologi tepat guna, Posyantek dengan managemen terbaik, BUMG terbaik, Gampong Wisata terbaik, Evaluasi profil gampong/Desa/kelurahan (Prodeskel), Posyandu terintegrasi , Gampong yang melaksanakan empat program prioritas kementrian desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi, serta lomba inisiator Pembangunan Partisipatif.
Bukan hanya itu, Bob Miswar juga menyebutkan tentang lomba yang diikuti Kabupten Bireuen dengan memperoleh hasil memuaskan, baik juara tingkat nasional maupun juara tingkat regional, seraya rincian juara yang didapatkan Kabupaten Bieuen.
Dalam pelaksanan kegiatan ini, setidaknya melibatkan sekitar 1000 undangan dan peserta yang berasal dari Forkompida, Forkomcam, SKPK. Tim Penggerak PKK Kabupate dan Kecamatan, , Forkopimcam, Satker,P3MD, Pengurus BUMG para toko agama dan laiinya.
Bupati Bireuen, H Saifannur, S.Sos dalam kesempatan tersebut mengemukakan., jiwa kegotong-royangan masyarakat tentu sangat berharga untuk, mngapresiasi setiap program pembangunan. Untuk itu, Bupati Bireuen mengajak semuanya untuk bertekad berbuat lebih bakyak kemajuan pembangunan di Kabupaten Bireuen.
Labih lanjut dikemukan, untuk dimaklumi selama 16 tahun perjalanan panjang peringatan bulan bakti gotong royong masyarakat dan 47 tahun gerakan PKK, menjadikan kegiatan ini, sebagai wadah aktifitas sosial kemasyarakatan yang mampu memberikan konstribusi nyata terhadap pembangunan keluarga dan masyarakat.
Bupati Bireuen itu, menyebutkan kondisi sosial , ekonomi,dan politik nasional semakin dinamis, serta eksis, Teguhnya PKK Sebagai organisisai sosiall yang solid dan netral, mulai tingkat pusat hingga ke daerah sangat konsisten dalam berkiprah sebagai mitra strategis pemerintah melalui berbagai inisiatif, program serta kegiatan pemberdayaan guna kesejahtreraan keluarga.”Makanya, sudah sepantasnya, pada kesempatan ini, saya selaku Bupati Bireuen menguapkan terma kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada panitia peyelenggarab dan seluruh jajaran PKK,” Tutur bupati Bireuen, H Saifannur, S.Sos.( Reza/ Yudi)