13619 KALI DIBACA

Surabaya Gelar Gerakan Jawa Timur Cinta Papua

Surabaya Gelar Gerakan Jawa Timur Cinta Papua
example banner

Surabaya I Realitas – Ribuan warga Surabaya mengikuti acara Gerakan Jawa Timur Cinta Papua. Acara yang digelar di Jalan Polisi Istimewa itu juga diikuti ratusan warga Papua di Jawa Timur. 

Ratusan warga Papua dari 22 kota/kabupaten di Jatim itu terdiri dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga serta para bekerja. Mereka berbaur, bernyanyi dan berdoa bersama dengan warga Kota Surabaya.

Acara tersebut dihadiri Kapolrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho serta Forkopimda Kota Pahlawan. Gerakan Jawa Timur Cinta Papua ditutup dengan penandatangan deklarasi. 

Dalam acara tersebut, tampak beberapa warga mengenakan pakaian adat nusantara. Mereka saling berbagi bunga kepada perwakilan warga Papua dan khalayak yang hadir.

Sandi Nugroho mengatakan, Jawa Timur berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sebab dengan bersatu, maka pembangunan negara akan tercapai.

“Persatuan dan kesatuan kunci dari pembangunan. Oleh karena itu dengan adanya Jawa Timur menggerakkan cinta Papua, Jawa Timur peduli Papua. Jawa timur merupakan solidaritas menunjukkan dengan nyata untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa. Kita semua bersaudara ditunjukkan kegiatan hari ini sebagai wujud nyata Jawa Timur cinta Papua,” kata Sandi kepada wartawan di Jalan Polisi Istimewa, Minggu (1/9/2019)

Menurut Sandi, acara tersebut melibatkan banyak pihak. Selain Forum Pimpinan Daerah Kota Surabaya, sejumlah komunitas juga turut hadir.

“Melibatkan seluruh komunitas yang ada di Surabaya. Baik itu Bonek, Bonita, Banser seluruh pemerintahan yang ada TNI-Polri serta perwakilan kota-kota lain di Jawa Timur. Dan juga ada Ojol serta komunitas lainnya yang mendukung acara pada pagi hari ini,” imbuh Sandi. 

Sandi menyampaikan pada warga Papua yang ada di Jawa Timur bahwa segenap bangsa merupakan saudara. Ia menjamin keamanan warga Papua yang ada di Jawa Timur.

“Pesan kami untuk teman-teman Papua di Jawa maupun di daerah lainnya. Bahwa semuanya kita bersaudara dan pastinya kita akan menjaga keamanan dan ketertiban supaya Indonesia tetap kondusif. Indonesia bisa membangun untuk kemajuan rakyat bangsa dan negara,” terang Sandi.

Pendeta Pendeta Wilianus ILLU MTH juga menyampaikan jika Gerakan Jawa Timur Cinta Papua sungguh luar biasa. Sebab menurutnya bisa membuat warga Papua yang ada di Jawa Timur lebih nyaman.

“Tadi mereka menyampaikan kepada saya bahwa mereka nyaman berada di wilayah Jawa Timur,” ujar Willianus.

Wilianus juga mengaku rutin mendoakan keamanan dan ketertiban Bangsa Indonesia. Ia juga mendoakan agar Bangsa Indonesia aman dan maju. 

“Kami di sana itu rutin mendoakan bangsa dan negara Indonesia. Kami rutin mendoakan wilayah Jawa Timur dan seluruh pemerintah-pemerintah yang ada di Jawa Timur. Kami rutin mendoakan supaya Bangsa Indonesia ke depannya makin hari makin jaya. Makin hari makin maju. Itu harapan kita bersama untuk wilayah Indonesia,”tutup Wilianus.(dtc/Muhammad Nazar)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS