12019 KALI DIBACA

BNN Gagalkan Pengiriman Ganja 6,3 Kg Lewat Truk

BNN Gagalkan Pengiriman Ganja 6,3 Kg Lewat Truk
example banner

Batang – Satgas Pemberantasan Narkotika BNNP Jawa Tengah dan BNNK Batang berhasil menggagalkan pengiriman Ganja seberat 6,3 kg. Ganja tersebut diangkut dengan menggunanakan truk dengan melalui jalur tol.

Kepala BNNK Batang Windarto mengatakan terungkapnya kasus tersebut atas laporan dari BNNP Jawa Tengah, akan ada pengiriman narkotika dari Jakarta yang masuk ke Jawa Tengah.

“Atas laporan tersebut Rabu 4 September kita lidik. Di Km 343, masuk Kecamatan Warungasem, kita hentikan dan dikakukan penggeledahan,” kata Windarto dihadapan awak media, Jumat (6/9/2019) di kantor BNN Batang.

Menurut Windarto, usai dilakukan penggeladahan ini, ditemukan sebuah tas yang mencurigakan.

“Ternyata di dalam tasnya ada narkotika sejenis ganja seberat 6,3 kg,” kata Windarto.

Dalam penangkapan operasi tersebut satgas pemberantasn narkotika juga mengamankan tiga orang, yakni SW (34) selaku pengemudi truk B144 TDD asal dari Mojosongo Boyolali, KH (32) asal Mudal, Boyolali dan PM (27) asal Salatiga. Petugas juga mengamankan truk dan 14 kendaraan bermotor roda dua yang berada di bak truk.

“Ketiga orang yang kita amankan itu biasa membawa sembako dari Solo ke Jakarta yang kembalianya membawa barang haram,” kata Windarto.

Ia juga menduga aksi kejahatan tersebut dari jaringan Aceh atau kejahatan antar provinsi, yang diduga pengendalianya dari Lembaga Pemasyarakatan dari Brebes dan dimungkinkan dari Sragen, Jawa Tengah.

“Ketiga kurir ini dijerat dengan pasal 115 ayat (2)dan 111 ayat (2) dengan hukuman kurungan minimal 6 tahun maksimal 20 tahun,” jelasnya.

Sementara itu, SW (43) yabg juga pengemudi truk, mengatakan dirinya hanya dititipi tas oleh sesorang yang tidak dikenalnya. Dari penitipan ini, dirinya mendapat upah Rp 1,5 juta, dengan tujuan Semarang.

“Saya bingung mau ditaruh dimana barang ganja titipan tersebu. Ya akhiranya kita bawa, ini baru pertama kali bawa,” kata Slamet.
Baca juga: Ganja 1,2 Kg gagal Beredar di Makassar

Sementara itu, dilokasi yang sama, Wakil Bupati Batang Suyono yang ikut dalam ungkap kasus tersebut mengatakan sangat mengapresiasi atas kerja kerasnya BNNK Batang yang mampu mengungkap dan membongkar kasus pengiriman narkoba berjenis ganja.

“Semoga bisa dilakukan terus menerus dilakukan operasi, sehingga berdampak jeranya para gembong-gembong narkoba,” kata Suyono di Kantor BNNK Batang.(deco)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS