11219 KALI DIBACA

135 Rumah di Madina Terendam Banjir Akibat Luapan 2 Sungai

135 Rumah di Madina Terendam Banjir Akibat Luapan 2 Sungai
example banner

Mandailing Natal – Sungai Sampuran dan Sungai Batang Tamiang di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, meluap. Akibatnya, 135 rumah warga terendam banjir.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Madina Muhammad Yasir Nasution, sebanyak 135 rumah warga yang terendam banjir tersebut berada di Desa Sampuran, Kecamatan Ranto Baek. Luapan sungai disebabkan hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut.

“Akibat hujan lebat dan sungai meluap. Ketinggian banjir melebihi lutut orang dewasa,” kata Yasir saat dimintai konfirmasi, Minggu (8/9/2019).

Banjir yang merendam pemukiman warga di Desa Sampuran itu terjadi pada Sabtu (7/9) malam. Menurut Yasir, beberapa hari terakhir intensitas hujan di wilayah Madina, khususnya di Desa Sampuran, cukup lebat.

“Akibatnya, sungai juga meluap sehingga terjadi banjir,” ujarnya.

Hingga saat ini, tim BPBD masih mendata kerusakan dan kerugian akibat banjir. Tim BPBD telah membuka Posko Kesehatan untuk melayani warga yang terdampak banjir.

“Tim BPBD telah bergerak ke lokasi kejadian dengan membawa perahu karet dan logistik. Tapi, jika hujan masih belum berhenti, dikhawatirkan akan terjadi banjir susulan,” terang Yasir.

Selain merendam rumah warga, banjir merendam sejumlah fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan. Lahan perkebunan warga juga ikut terendam.(deco)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS