10419 KALI DIBACA

Warga Perum Bukit Permai Cibubur Telah 30 Tahun Gelar Upacara Kemerdekaan RI

Warga Perum Bukit Permai Cibubur Telah 30 Tahun Gelar Upacara Kemerdekaan RI
example banner

Cibubur I Realitas – Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus merupakan momen spesial bagi seluruh rakyat Indonesia. Bukan hanya untuk mengenang peristiwa Proklamasi dan memperingati hri kemerdekaan, tetapi banyak hal menarik yang menjadi tradisi pada setiap perayaan yang biasa disebut 17-an.

Semua Rukun Tetangga (RT) maupun Rukun Warga (RW) di tanah air menggelar berbagai lomba 17-an, tetapi mungkin hanya beberapa saja yang melaksanakan upacara peringatan HUT RI tersebut, andaikan diadakan, sifatnya gabungan yang dikoordinir oleh kecamatan.

Berbeda dengan daerah lainnya, warga perumahan Bukit Permai Cibubur selama 30 tahun ini rutin menggelar upacara peringatan Kemerdekaan RI. Dijelaskan Ketua RW 011 Perum Bukit Permai Cibubur Bambang Prabowo, Perum Bukit Permai Cibubur dibangun pada tahun 1986, dengan jumlah penghuni sekitar 150 kepala keluarga (KK). Perumahan ini masuk dalam wilayah Kelurahan Cibubur,  Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Tahun 1988 Perum Bukit Permai Cibubur dengan jumlah penghuni 150 KK tersebut dibentuk menjadi RW 011 dengan jumlah empat RT.

“Dari 150 KK penghuni di Bukit Permai kala itu, 30 persen pegawai instansi pemerintahan sipil, 30 persen swasta dan 40 persen dari TNI, “ ujarnya.

 “30 persen penghuni adalah mereka yang sudah purna tugas, khususnya Purnawirawan TNI. Inilah yang memotivasi kami untuk diselengarakannya upacara peringatan Kemerdekaan RI setiap tahunnya di komplek kami sejak tahun 1989 hingga saat ini, “ imbuh Bambang Prabowo.

Diungkapkan Bambang Prabowo, pada awalnya mulai tahun 1989-1994 jumlah penghuni yang mengikuti upacara peringatan Kemerdekaan RI sekitar 100 orang. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya tingkat hunian di perumahan yang ditempatinya, sejak lima tahun terakhir (2014-2018) penghuni perumahan juga bertambah dan warga luar komplek yang turut serta dalam upacara peringatan meningkat sekitar 1000 orang.

“Kami warga disini sangat berbangga, ini lah salah bentuk kecintaan kami pada negeri ini, semoga bukan hanya di tempat kami, tetapi tempat-tempat lain juga dapat melaksanakan hal yang sama, “ imbuhnya.

H.Riptono.Ak selaku Ketua Panitia kali ini juga mengatakan kegiatan ini merupakan bukti kompaknya warga Bukit Permai yang walaupun memiliki pilihan berbeda beda saat Pemilu namun tetap guyub karena silaturahmi merupakan kebiasaan dan karakter warga di Kompleks ini.

Sementara itu, Arto Biantoro yang merupakan salah satu pemuda pelopor di Perum Bukit Permai mengatakan, pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan ke 74 RI tahun 2019 ini akan digelar di Gedung Pertemuan Warga RW 011 Perum Bukit Permai.

“Beberapa tahun belakangan ini, peserta upacaranya makin bertambah, bukan hanya dari warga komplek tetapi juga warga diluar komplek, ini menunjukan bahwa masyarakat semakin memiliki kesadaran kebanggaanya kepada bangsa ini,” tuturnya.

Putra dari penyanyi dan juga aktor terkenal era tahun 70 – 90 an sekaligus Vetaran pejuang Kemerdekaan RI (Kris Biantoro) ini mengungkapkan, kebanggan  pada bangsa dan negara harus selalu ditumbuhkan dalam diri generasi muda Indonesia.

“Dihadapkan pada era milenial saat ini dan pengaruh perkembangan teknologi informasi, tidak menutup kemungkin nilai-nilai kejuangan dapat terdegradasi, tugas kita bersama untuk terus menggelorakan semangat perjuangan para pendiri bangsa ini untuk bersama-sama membangun bangsa Indonesia menjadi lebih maju, “ pungkasnya.(Red/Irfan)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS