16019 KALI DIBACA

Rumor: Arsenal Dekati Dayot Upamecano

Rumor: Arsenal Dekati Dayot Upamecano
example banner

London I Realitas – Aktivitas Arsenal di bursa transfer musim panas 2019/2020 ini tampaknya belum akan berhenti. Kali ini, Arsenal dikabarkan tengah melakukan pendekatan terhadap bek tengah muda milik RB Leipzig, Dayot Upamecano.

Kabar menyoal ketertarikan Arsenal terhadap Upamecano ini diwartakan oleh insider transfer sepak bola Eropa, Fabrizio Romano, lewat kolomnya di The Guardian. Romano menyatakan bahwa Upamecano, untuk saat ini, merupakan prioritas utama Arsenal untuk mengisi posisi pertahanan.

Beberapa media di Jerman menyatakan bahwa Arsenal sudah melayangkan tawaran resmi di angka 55 juta poundsterling, yang kemudian ditolak oleh Leipzig, untuk memboyong Upamecano. Namun, Romano menegaskan bahwa yang baru dilakukan oleh ‘Meriam London’ hanyalah sebatas menanyakan ketersediaan bek asal Prancis tersebut.

Leipzig mengiyakan pertanyaan Arsenal tersebut. Kendati begitu, penghuni peringkat tiga Bundesliga 2018/2019 itu menegaskan bahwa Upamecano hanya akan dilepas jika Arsenal bersedia untuk mengeluarkan uang sekitar 70 juta poundsterling.

Banderol mahal Upamecano itu didasari oleh potensinya yang besar. Ya, Upamecano memang digadang-gadang sebagai salah satu bek muda terbaik di Eropa. Pada 2018 lalu, bek berusia 20 tahun ini sempat masuk ke dalam nominasi Golden Boy—penghargaan kepada pesepak bola muda terbaik di Eropa.

Kontribusi Upamecano bagi Leipzig juga tak kecil. Di Bundesliga 2018/2019, Upamecano mampu mencatatkan rata-rata 2,2 intersep per pertandingan—tertinggi di antara skuat Leipzig. Ia juga mampu menorehkan rata-rata 1,5 tekel, 2,9 sapuan, dan 0,3 blok per laga.

Upamecano juga mahir mengolah bola dengan kakinya, seperti layaknya bek tengah modern. Ia mencatatkan rata-rata 49,9 operan per pertandingan, dengan persentase operan sukses mencapai 82,5% per laga di Bundesliga 2018/2019. Catatannya dalam aspek mengoper itu juga merupakan yang terbaik di antara bek-bek Leipzig lainnya.

Bagi Arsenal, Upamecano, meskipun masih muda, bisa langsung menjadi pilihan utama. Arsenal saat ini hanya memiliki Sokratis Papastathopoulos, Shkodran Mustafi, dan Calum Chambers di pos bek tengah.

Rob Holding masih harus mendapatkan match fitness kembali setelah mengelami cedera panjang. Sementara, Laurent Koscielny kabarnya akan segera meninggalkan klub setelah membuat keributan.

Di satu sisi, Romano menyatakan bahwa Arsenal memiliki opsi lain jika Upamecano dirasa terlalu mahal. Opsi yang dimaksud adalah bek tengah Juventus, Daniele Rugani. Menurut Romano, Arsenal berminat untuk memboyong Rugani dengan status pinjaman plus opsi permanen. Namun, seperti Upamecano, belum ada tawaran resmi yang dilayangkan kepada Juventus.

(Kmp/Red/Irfan)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS