10619 KALI DIBACA

Perancang Pengedali Gerak Senapan Dari Jarak Jauh Diajak Masuk TNI

Perancang Pengedali Gerak Senapan Dari Jarak Jauh Diajak Masuk TNI
example banner

Banda Aceh, I Realitas – Seorang mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe Ririn Efendi, yang berhasil merancang dan membuat suatu perangkat pengendali gerakan senapan dari jarak jauh, secara wireless berbasis mikrokontroller, diajak untuk maasuk TNI.

Ajakan itu bermula dari kunjungan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, yang melihat karya Ririn Efendi, di Indoor Jasdam Iskandar Muda.

Saat melihat karya Ririn, Jenderal TNI Andika tertarik dengan perangkat pengendali senapan tersebut. Menurut Andika, saat ini yang dibutuhkan oleh TNI ialah perangkat seperti yang dibuat oleh Ririn Efendi.

“Bagus ini, kita butuh ini bergabung bersama Angkatan Darat. Zaman sekarang memang harus begini,” kata KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, Kamis (29/8).

Ia menuturkan, pihaknya sudah mempunyai perangkat pengendali senapan tersebut. Namun, diimpor dari luar negeri. Menurutnya, saat ini tidak zamannya lagi mengendalikan senapan dengan cara manual. Istilah untuk senapan pengendali tersebut, yaitu remote control weapon system.

“Kita sudah beli dari luar negeri, bukan di sini. Tapi kebutuhan saat ini memang begini. Enggak bisa lagi manual pakai tangan. Begini kan lebih akurat. Ini memang masa depan. Ririn bagus, harus terus berprestasi,” kata Andika.

Untuk itu, ia mengajak Ririn Efendi untuk melakukan persiapan sebelum Pendidikan untuk TNI dibuka. “Persiapan pendidikan ya, bentar lagi loh di bukan ini,” kata Andika dihadapan Ririn.

Ririn Efendi atau yang kerap disapa Efendi Tiro merupakan mahasiswa Diploma-III Program Studi Teknologi Elektronika pada Jurusan Teknik Elektro, berhasil merancang perangkat yang dapat menggerakkan senapan 180 derajat arah horizontal dan 60 derajat vertikal.

Kemudian dapat mengontrol gerakan pelatuk senapan, untuk melakukan tembakan menggunakan joystick dan bantuan perangkat android untuk memonitor sasaran tembak.

karya yang dibuat oleh Ririn Efendi ini merupakan Tugas akhir yang disusun sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi di PNL. Sistem yang dirancang mampu mengendalikan gerakan senapan pada jarak maksimum hingga 1 km dan efektf pada jarak 800 m.

Pengendali senapan yang digunakan berupa sebuah kontroler PlayStaton (PS), yang telah dimodifkasi serta kamera android atau kamera independen yang diintegrasikan dengan teleskop senapan.

Perangkat secara keseluruhan berupa modul receiver berbasis mikrokontroller sebagai otak pengendali yang dipasang pada suatu platorm tripot atau tumpuan senjata bersama dengan senapannya, sementara user cukup memegang kontroler joystick wireless sebagai transmiter bersama dengan perangkat android untuk monitoring sasaran yang diinginkan. (Trb/Red/Ema)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS