10019 KALI DIBACA

Listrik Padam Bikin Kejadian Luar Biasa di MRT

Listrik Padam Bikin Kejadian Luar Biasa di MRT
example banner

Jakarta I Realitas  РMRT merupakan salah satu moda transportasi yang terkena imbas pemadaman listrik massal yang dilakukan PT PLN pada Minggu (4/5) siang. PT MRT Jakarta mengatakan terhentinya operasional akibat listrik padam massal merupakan kejadian luar biasa.

 

Pihak PT MRT Jakarta mengaku sudah mengantisipasi terganggunya pasokan listrik dengan menyiapkan suplai penuh dari dua jalur, tapi dua jalur tersebut sama-sama mati. Berdasarkan informasi yang diperoleh MRT, pasokan listrik terputus akibat ada gangguan pada sistem transmisi 500kV, sehingga seluruh sistem interkoneksi Jawa-Bali-Nusa Tenggara terganggu.

 

“Akibat dari hal tersebut, pasokan daya terputus dari PLN untuk kedua jalur suplai MRT,” kata Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (4/8/2019).

 

Sebagai informasi, MRT Jakarta disuplai penuh dari 2 jalur yang bersumber dari 2 subsistem 150kV PLN yang berbeda, yaitu Subsistem Gandul-Muara Karang melalui Gardu Induk Pondok Indah dan Subsistem Cawang-Bekasi melalui Gardu Induk CSW. Dalam keadaan failure pada salah satu 1 jalur suplai, maka 1 suplai lainnya dapat menggantikan 100% kebutuhan.

 

“Kasus hari ini tergolong kejadian luar biasa yang menyebabkan lumpuhnya kedua jalur suplai tersebut,” ujar Kamaluddin.

 

Pihak MRT sendiri mengaku langsung melakukan penanganan agar gerbong kereta bisa kembali berjalan normal. Sejumlah peralatan listrik juga disiagakan.

 

“MRT Jakarta telah melakukan penanganan untuk mengamankan peralatan ketika listrik hidup kembali dan dalam kondisi siap untuk kembali beroperasi ketika pasokan listrik dari PLN sudah kembali normal,” jelas Kamaluddin.

Kala itu, pihak MRT mendapatkan informasi dari PLN bahwa pasokan listrik akan kembali normal pukul 20.00 WIB. Komunikasi intensi berjalan agar layanan MRT bisa kembali seperti semula.

 

“Setelah memperoleh konfirmasi pemulihan pasokan listrik dari PLN, ditargetkan mulai pada pukul 20.00 WIB MRT Jakarta akan kembali membuka layanan kepada publik. Dalam upaya pemulihan operasi, MRT Jakarta menempatkan aspek keamanan dan keselamatan sebagai prioritas utama kami dan dengan tetap berkoordinasi intensif dengan PLN,” papar Kamaluddin.

 

Pihak MRT juga tak lupa memohon maaf kepada para pelanggan atas ketidaknyamanan karena perjalanan kereta terhenti.

 

“Mohon maaf kepada seluruh masyarakat pengguna layanan MRT Jakarta atas keidaknyamanan yang diakibatkan dari adanya kondisi ini,” sebutnya

(Dtc/Red/Irfan)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS