9619 KALI DIBACA

KPK : Kami Tak Berwenang Tangkap Kepala Desa yang Tersandung Korupsi

KPK : Kami Tak Berwenang Tangkap Kepala Desa yang Tersandung Korupsi
example banner
Langsa I Realitas – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia tidak memiliki wewenang untuk melakukan tindakan penangkapan terhadap Kepala Desa yang tersandung kasus korupsi.
Hal itu dikatakan Ketua KPK Agus Raharjo saat menyampaikan materinya kepada mahasiswa baru di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa pada Rabu (28/8/2019).
“Andakan sering denger ada OTT, namun KPK hanya melakukan penangkapan terhadap penyelenggara negara dan penegak hukum, dalam undang-undangnya KPK tidak menangkap tataran Kepala Dinas sampai tataran Kepala Desa, KPK tidak melakukan itu,”katanya.
Dijelaskannya, pihaknya akan menindak para Kepala Desa yang memiliki hubungan kasus korupsi dengan penyelenggara negara dan aparat penegak hukum, namun jika tidak menyeret aparat penegak hukum dan penyelenggara negara maka kasus tersebut diserahkan kepada Kejari dan pihak Kepolisian.
Agus mencontohkan, di Pamekasan pihaknya menangkap salah seorang Kepala Desa yang menyeret oknum Kejaksaan Negeri setempet.
Contoh lain dikatakannya. KPK pernah menangkap Kepala Dinas di salah satu Kabupaten di Sumatere Utara yang memeras para Kepala sekolah, pada waktu diusut yang bersangkutan tidak terkait dengan Bupatinya, Wakil Bupatinya tidak terkait dengan DPRDnya.
“Kemudian kita serahkan kepada teman-teman kepolisian. Karena KPK memang tidak berwenang, dan nilai yang ditindak KPK tidak boleh kurang dari 1 milyar,”demikian Agus. (Red/Irfan)
example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS