8319 KALI DIBACA

Jumlah Titik Api Di Wilayah Kalimantan Tengah Dan Kalimantan Barat Semakin Bertambah

Jumlah Titik Api Di Wilayah Kalimantan Tengah Dan Kalimantan Barat Semakin Bertambah

Jakarta, I Realitas – Jumlah titik api di wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat akibat karhutla semakin bertambah, namun di empat Provinsi lain yang juga rawan karhutla seperti Kalimantan Selatan, Jambi, Riau dan Sumatera Selatan alami penurunan. “Di Kalimantan Tengah, dari awalnya 69 menjadi 82 hotspot. Kemudian yang di Kalimantan Barat dari 120 menjadi 419 titik api.

Sedangkan di empat daerah lainnya, di Kalsel, Riau, Jambi, dan Sumsel jumlah titik api menurun,” jelas Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., Senin, (12/8/2019). Karo Penmas Divhumas Polri menyebutkan bahwa patroli kel lapangan dari Satgas Karhutla harus tetap gencar dilaksanakan oleh Satgas Karhutla, tidak boleh hanya mengandalkan satelit.

Sebelumnya diberitakan, 61 orang telah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) oleh kepolisian hingga Minggu, (11/8/2019) kemarin. 61 orang itu ditetapkan sebagai tersangka dari 69 kasus di empat provinsi yang berbeda di Indonesia. “Polda Riau ada 29 kasus dengan 20 tersangka, dan untuk luas area terbakar seluas 204,9 hektar.

Kemudian Polda Sumsel masih nihil kasus dan juga tersangka masalah Karhutla. Jambi ada 4 kasus dengan 2 tersangka dan luas lahan yang terbakar 42 hektar. Kalbar ada 14 kasus dengan 18 tersangka, dan luas areal terbakar 20,4 hektar. Kemudian Kalimantan Tengah ada 22 kasus dengan 21 tersangka, dan luas areal terbakar 34,48 hektar. Untuk Kalsel, sampai dengan saat ini masih nihil,” jelas Karo Penmas Divhumas Polri. (Trb/Red/Ema)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS