12819 KALI DIBACA

TNI ‘SERBU” Desa Cinta Makmur

TNI ‘SERBU” Desa Cinta Makmur
example banner

LABUHANBATU|Bersama 150 personel TNI (AD,AL dan AU) dan pihak kepolisian dan dibantu warga, Komandan Kodim 0209/LB Letkol Inf Santoso,’Menyerbu’ Desa Cinta Makmur Kec Panai Hulu Kab Labuhan Batu,Provinsi Sumut.

‘Penyerbuan’ yang dilakukan sejak dibukanya Program Lintas Sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)ke 105 pada Kamis (11/07/2019).

Dengan berbekal peralatan material bangunan, beko dan lainnya, Dansatgas bersama pasukannya siap membangun Desa Cinta Makmur.

Para prajurit dari Yonif 122/TS,Yon Zipur 1/DD, Yonif 126/KC dan personel Kodim 0209/LB dikerahkan untuk membangun sasaran fisik dalam Program TMMD.

Pelaksanaan TMMD di Desa Cinta Makmur Kec Panai Hulu Kab Labuhan Batu ini meliputi kegiatan fisik dan non fisik.

Adapun kegiatan fisik diantaranya pembukaan badan jalan dari Desa Cinta Makmur Kecamatan Panai Hulu menuju Desa Tanjung Haloban Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu sepanjang 1.725 meter X 8 meter, serta penimbunan badan jalan 1.725 meter X 5 meter.

Kemudian, pengerjaan Galian Parit sebelah kanan/kiri badan Jalan sepanjang 2.050 meter, pembuatan 1 unit jembatan Double Box, pembangunan 2 jembatan Dweker, pembuatan 1 unit tugu TMMD ke-105, Rehab 5 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), 1 unit Pos kamling, dan rehab 1 unit MCK Musholla Darul Muttaqin.

Sedangkan untuk 15 kegiatan non fisik meliputi 2 program Penyuluhan tentang Bela Negara dan Wawasan kebangsaan (Wasbang) juga diikuti 13 Sosialisasi yang berisikan tentang pelayanan kesehatan, Pertanian, Pendidikan, Hukum dan Kamtibmas, Narkoba, Keagamaan, KB Kesehatan,Perikanan/Peternakan,Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kegiatan PKK, pelayanan Publik dan Kependudukan, Bahaya Terorisme dan Faham Radikalisme, serta mitigasi bencana kepada masyarakat.

Komandan Kodim 0209/LB Letkol Inf Santoso menyatakan bahwa, pelaksanaan direncanakan akan dikerjakan dengan 2 tahap yang meliputi 5 kegiatan fisik dan 15 kegiatan non fisik.

Kegiatan sasaran fisik antara lain,dalam pelaksanaannya, tentu dilengkapi administrasi dan logistik yakni sebanyak 132 personel TNI, Polri 10 orang, Pemda, serta masyarakat dengan total 150 orang. Dan logistik pasukan dari komando atas selama 34 hari,”terang Letkol Inf Santoso.

Pada pelaksanaan TMMD di wilayah Cinta Makmur pemukiman warga yang sebagian besar mengais rupiah bertani ini peralatan yang digunakan diantaranya alat peralatan yang digunakan berupa Escavator, Dump Truck, Greder/Bomag, Gergaji mesin, sendok semen, raskam kayu, cangkul, sekop, kereta sorong, gergaji tangan, martil dan palu.

Selain itu, dalam TMMD ini, Kodim 0209/LB juga melaksanakan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kab Labuhan Batu dengan kegiatan Pusat Kegiatan Masyarakat Belajar (PKBM).

Dalam kegiatan PKBM Al Hidayah Meranti Kec Panai Hulu menerima peserta didik Paket A, B dan C.(Red/okb)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS