23219 KALI DIBACA

Tampil Beda, Buka TMMD ke-105, Andi Suheimi Dalimunthe Berseragam Loreng Jalan Diatas Genangan Air dan Lumpur

Tampil Beda, Buka TMMD ke-105, Andi Suheimi Dalimunthe Berseragam Loreng Jalan Diatas Genangan Air dan Lumpur
example banner

LABUHANBATU | REALITAS – Program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di seluruh Indonesia dibuka sejak tanggal 9-10 dan 11 Juli.Dengan dibukanya program TNI AD bekerjasama dengan pemerintah itu tentu siap mensejahterakan Rakyat disegala bidang. Tanpa kenal hambatan dan rintangan TNI siap mendukung pembangunan merata guna mensejahterakan rakyat.

Seperti di Kabupaten Labuhan Batu Provinsi Sumatera Utara (Sumut), disini Program TMMD ke-105 dilaksanakan Kodim 0209/LB Korem 022/Pantai Timur Kodam I/Bukit Barisan. Dengan mengerahkan 150 personel TNI tiga matra (AD, AL dan AU) serta personel Polri dibantu juga warga setempat, TMMD yang digelar di 7 Dusun di wilayah Desa Cinta Makmur, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhan Batu ini siap membangun kampung terisolir tersebut.

Pelaksanaan pembukaan program lintas sektoral TMMD ke-105 di Bumi Ika Bina En Pabolo ini dipimpin langsung Plt Bupati Labuhan Batu Andi Suheimi Dalimunthe ini benar-benar menjadi sejarah yang tidak akan dilupakan. Pasalnya, disaat pembukaan hujan tidak ada henti-hentinya sehingga wilayah Panai Hulu banjir dan lapangan upacara pembukaan pun digenangi air.

Namun begitupun,bagi TNI, khususnya prajurit dari Batalyon 126/Kala Cakti, Yon Zipur 1/DD,Batalyon 122/Tombak Sakti, personel Kodim 0209/LB yang dikomandoi langsung Letkol Inf Santoso selaku Dansatgas TMMD ke-105 pantang menyerah dan langsung melaksanakan Upacara Pembukaan TMMD ke-105 Kodim 0209/LB.

Dengan berjalan gagah menggunakan seragam loreng TNI tanpa pangkat dan atribut, Plt Bupati Labuhan Batu Andi Suheimi Dalimunthe menjadi Irup. Satu persatu barisan peserta upacara diantaranya Prajurit TNI,Polri, Satpol PP, Pramuka, Ormas FKPPI dan pelajar diperiksanya hingga tuntas.Meskipun harus berjalan diatas genangan air, bagi pemimpin Bumi Eka Bina En Pabolo ini tidak ada masalah yang penting pelaksanaan sukses dan lancar.

Ini tentu menjadi sejarah bagi TMMD Kodim 0209/LB, karena Irup Plt Bupati gunakan seragam TNI dan berjalan diatas genangan air membuktikan benar-benar Cinta TNI.

Usai melaksanakan upacara pembukaan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan 104 Al Qur’an dari Kemenag yang diserahkan langsung Danrem 022/PT Kolonel Inf R Wahyu Sugiharto, kemudian Plt Bupati Labuhan Batu menyerahkan 4 unit Mesin Pemetas Telor dan Kapolres Labuhan Batu AKBP Frido Situmorang memyerahkan seperangkat alat kerja bantuan PMD Pemrov Sumut.

Pembukaan TMMD ini juga dihibur dengan Tari Kreasi Ibu PKK, Tarian Kreasi Pelajar dan Marching Band serta Tarian Persembahan.

Selain itu,bakti sosial pengobatan gratis dan donor darah juga melengkapi acara pembukaan TMMD ke-105 Kodim 0209/LB.

Meskipun lokasi pembukaan digenangi air dan becek penuh lumpur, antusias warga dan pelajar memadati lapangan untuk menyaksikan acara pembukaan.

Usai melaksanakan serangkaian acara pembukaan, kemudian Dansatgas TMMD ke-105 Kodim 0209/LB Letkol Inf Santoso mengajak Plt Bupati Labuhan Batu H Andi Suheimi Dalimunthe, Bupati Labura H. Khairuddinsyah Sitorus,Danrem 022/PT Kolonel Inf R Wahyu Sugiharto,Dandim 0207/Slm Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, Dandim 0204/DS Letkol Inf Syamsyul Arifin, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Syamsul Alam, Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Marantika Beruh dan pejabat Forkopimda serta perwira jajaran Korem 022/PT, meninjau lokasi sasaran fisik dengan menggunakan sepeda motor.

Pelaksanaan TMMD di Desa Cinta Makmur Kec Panai Hulu Kab Labuhan Batu ini meliputi kegiatan fisik dan non fisik.

Adapun kegiatan fisik diantaranya pembukaan badan jalan dari Desa Cinta Makmur Kecamatan Panai Hulu menuju Desa Tanjung Haloban Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu sepanjang 1.725 meter X 8 meter, serta penimbunan badan jalan 1.725 meter X 5 meter.

Kemudian, pengerjaan Galian Parit sebelah kanan/kiri badan Jalan sepanjang 2.050 meter, pembuatan 1 unit jembatan Double Box, pembangunan 2 jembatan Dweker, pembuatan 1 unit tugu TMMD ke-105, Rehab 5 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), 1 unit Pos kamling, dan rehab 1 unit MCK Musholla Darul Muttaqin.

Sedangkan untuk 15 kegiatan non fisik meliputi 2 program Penyuluhan tentang Bela Negara dan Wawasan kebangsaan (Wasbang) juga diikuti 13 Sosialisasi yang berisikan tentang pelayanan kesehatan, Pertanian, Pendidikan, Hukum dan Kamtibmas, Narkoba, Keagamaan, KB Kesehatan,Perikanan/Peternakan,Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kegiatan PKK, pelayanan Publik dan Kependudukan, Bahaya Terorisme dan Faham Radikalisme, serta mitigasi bencana kepada masyarakat.

Komandan Kodim 0209/LB Letkol Inf Santoso menyatakan bahwa, pelaksanaan direncanakan akan dikerjakan dengan 2 tahap yang meliputi 5 kegiatan fisik dan 15 kegiatan non fisik.

Kegiatan sasaran fisik antara lain,dalam pelaksanaannya, tentu dilengkapi administrasi dan logistik yakni sebanyak 132 personel TNI, Polri 10 orang, Pemda, serta masyarakat dengan total 150 orang. Dan logistik pasukan dari komando atas selama 34 hari,”terang Letkol Inf Santoso.

Pada pelaksanaan TMMD di wilayah Cinta Makmur pemukiman warga yang sebagian besar mengais rupiah bertani ini peralatan yang digunakan diantaranya alat peralatan yang digunakan berupa Escavator, Dump Truck, Greder/Bomag, Gergaji mesin, sendok semen, raskam kayu, cangkul, sekop, kereta sorong, gergaji tangan, martil dan palu.

Selain itu, dalam TMMD ini, Kodim 0209/LB juga melaksanakan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kab Labuhan Batu dengan kegiatan Pusat Kegiatan Masyarakat Belajar (PKBM).

Dalam kegiatan PKBM Al Hidayah Meranti Kec Panai Hulu menerima peserta didik Paket A, B dan C.(Red/okb)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS