49619 KALI DIBACA

Protes Pj Keuchik Lama dilantik, Warga Segel Kantor Keuchik di Abdya

Protes Pj Keuchik Lama dilantik, Warga Segel Kantor Keuchik di Abdya
Camat Blangpidie Krisnur SP melakukan audiensi dengan sejumlah warga Desa Seunaloh yang melakukan penyegelan terhadap kantoe keuchik setempat, Rabu (24/7)
example banner

Blangpidie | Realitas – Sejumlah warga Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (24/7) pagi sekira pukul 08.30 WIB, melakukan penyegelan dengan memalang pintu masuk Kantor Kepala Desa (Keuchik) setempat sebagai bentuk protes terhadap Muhammad Isa yang dilantik kembali menjadi Pejabat (Pj) Keuchik Seunaloh.

Kepala Dusun Dua, Desa Seunaloh, Amiruddin mengatakan, kalau penyegelan itu dilakukam lantaran warga keberatan dengan pelantikan Pj Keuchik setempat. Pasalnya, dalam musyawarah bersama yang dilakukan satu bulan lalu telah mengusulkan tiga nama untuk menggantikan Pj Keuchik yang sudah berakhir masa jabatan pada tanggal 11 Juli 2019 lalu.

Ketiga nama keuchik yang diusulkan itu, H Bustami, Juliman dan Hasman. Usulan itu datang dari perwakilan tiga dusun yang ada di Desa Seunaloh. “Ternyata dalam pelaksanaannya, justru nama Muhammad Isa yang muncul kembali dan dilantik sebagai Pj Keuchik, bukan nama yang diusulkan warga melalui Tuha Peut tersebut,” ungkapnya yang turut dibenarkan oleh M Jamil selaku Tuha Peut bersama tokoh masyarakat lainnya.

Katanya, masyarakat tidak akan membuka palang pintu tersebut sebelum ada putusan dari kepala daerah dalam hal ini Bupati Abdya. “Nanti malam kami akan mengadakan rapat bersama untuk membuat surat keberatan terhadap pelantikan Pj Keuchik M Isa, karena selama ini ia sudah pernah menjabat dan banyak persoalan yang tidak disukai warga,” sebut Amir.

Melihat aksi protes warga itu, Camat Blangpidie Krisnur SP dan Kapolsek Blangpidie Iptu Karnofi serta perwakilan dari Koramil setempat, langsung turun kelokasi untuk beraudiensi dengan warga setempat.

Meski sudah diminta untuk membuka segel kantor keuchik, warga tetap bersikukuh agar segel yang ada dipintu masuk kantor keuchik tidak dibuka selama belum ada titik terang dari bupati terkait pergantian Pj Keuchik dimaksud.

Secara singkat, Camat Blangpidie, Krisnur meminta warga untuk menyampaikan langsung keberatan terkait pelantikan Pj Keuchik Muhammad Isa kepada Bupati. “Saya selaku Camat hanya bisa memediasi saja, kalau masalah setuju atau tidak silahkan ke Bupati, karena Bupati yang berwenang menunjuk sekaligus menetapkan secara reami Pj Keuchik. Nanti masalah ini juga akan saya sampaikan ke Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya dan bupati,” singkatnya. (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS