11819 KALI DIBACA

KPK Menetapkan Sekda Jabar Sebagai Tersangka Kasus Suap Terkait Perizinan Proyek Meikarta

KPK Menetapkan Sekda Jabar Sebagai Tersangka Kasus Suap Terkait Perizinan Proyek Meikarta
example banner

Bandung, I Realitas – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa sebagai tersangka kasus suap terkait perizinan proyek pembangunan Meikarta. Gubernur Jabar Ridwan Kamil belum mau menanggapi lebih jauh mengenai status tersangka Iwa tersebut. Emil, sapaan akrabnya, mengatakan ingin bertemu langsung dengan Iwa terlebih dahulu sebelum memberikan pernyataan. Emil menyatakan dirinya tak mau terburu-buru memberikan pernyataan yang belum diketahuinya secara lengkap. “Ya saya baru mendengar malam ini, terus terang saya belum banyak informasi yang bisa saya sampaikan.

Saya akan bertanya kepada yang bersangkutan dengan situasi hukumnya,” kata Ridwan Kamil ditemui di Bandung, Senin, (29/7/2019). Emil mengaku akan mau bicara lebih jauh setelah mendengar penjelasan dari Iwa. Dia berjanji akan memberikan pernyataan lebih jelas kepada awak media Selasa, (30/7/2019) pagi. “Jadi kalau boleh mah kalau wartawan mau menunggu sebenarnya besok Selasa pagi saja. Pagi, informasinya lebih lengkap. Sekarang saya belum mendapatkan informasi A1 yang sifatnya langsung,” katanya. Sebelumnya, KPK menetapkan Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa sebagai tersangka kasus suap terkait perizinan proyek pembangunan Meikarta.

Iwa ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan suap terkait dengan Pembahasan Substansi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Detail tata Ruang Kabupaten Bekasi Tahun 2017. Iwa diduga melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Pelanggaran tersebut diduga dilakukannya dengan meminta uang untuk pengesahan RDTR terkait pengajuan izin peruntukan penggunaan tanah (IPPT) yang diajukan untuk pembangunan proyek Meikarta.

Selain Iwa, KPK juga menetapkan Bortholomeus yang tercatat sebagai mantan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang jadi tersangka dalam perkara dugaan suap terkait dengan pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi. “Pada dua perkara sebagaimana dijelaskan di atas, sejak 10 Juli 2019 KPK melakukan penyidikan dengan dua orang sebagai tersangka yaitu IK dan BTO,” ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam jumpa pers di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta, Senin, (29/7/2019). (Cino/Red/Ema)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS