17419 KALI DIBACA

DPR-RI Apresiasi Pengelolaan Anggaran Kemen ESDM, PNPB 2018 Tembus Rp282 T

DPR-RI Apresiasi Pengelolaan Anggaran Kemen ESDM, PNPB 2018 Tembus Rp282 T
example banner

BANDARLAMPUNG I Realitas –  Publik patut memberi apresiasi atas kinerja pemerintah dalam upaya peningkatan penerimaan pendapatan negara. Seperti yang dicapai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Dalam Rapat Kerja (Raker) Kementerian ESDM bersama Komisi VII DPR RI, Kamis (18/7/2019) kemarin terungkap, capaian penerimaan pendapatan negara sektor ESDM terutama yang berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) jauh melampaui target yang ditetapkan pada tahun 2018.

Di hadapan pimpinan dan anggota Komisi Energi, Riset dan Teknologi, dan Lingkungan Hidup DPR tersebut, Menteri ESDM Ignasius Jonan memaparkan, realisasi penerimaan pendapatan negara sektor ESDM tahun 2018 mencapai Rp 282,48 triliun. Atau setara 178 persen lebih besar dari target penetapan Anggaran Penerimaan Dan Belanja Negara (APBN) 2018 sebesar Rp 158,62 triliun.

“Penerimaan negara tahun 2018 ini merupakan penerimaan negara paling tinggi dalam lima tahun ini,” kata Menteri Jonan, mantan Dirut PT Kereta Api Indonesia ini menjelaskan melalui keterangan pers yang diterima redaksi Kamis malam.

Sumber penerimaan, imbuh Jonan, tercatat dari PNBP sumber daya alam (SDA) sebesar Rp 195,17 triliun, PNBP Non SDA Rp 22,35 triliun, PNBP Badan Layanan Umum (BLU) Rp 0,268 triliun dan PPH Migas Rp 64,70 triliun.

Tahun 2018, Kementerian ESDM juga mengalokasikan 54 persen anggaran yang bersumber dari APBN untuk kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan rakyat. Seperti pembangunan jaringan gas kota, pemberian konverter kit untuk nelayan, pemberian bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), serta pemberian bantuan sarana air bersih (sumur bor) untuk rakyat di lokasi sulit air.

Terhadap capaian positif itu, juga kinerja pengelolaan anggaran dan laporan keuangan Kementerian ESDM 2018 yang memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian ESDM 2018 dari BPK dan merupakan capaian ketiga kali berturut-turut sejak 2016, Ketua Komisi VII DPR Ridwan Hisjam turut mengapresiasi diamini anggota peserta raker. (KabarDaerah)

 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS