18619 KALI DIBACA

Belasan Gadis Bandung yang Jadi PSK di Situbondo akan Jalani Rehabilitasi

Belasan Gadis Bandung yang Jadi PSK di Situbondo akan Jalani Rehabilitasi
example banner

Situbondo I Realitas – Belasan gadis asal Bandung yang dijadikan PSK di eks lokalisasi Situbondo akan direhabilitasi. Pagi ini, Selasa (30/7/2019) sebanyak 12 gadis akan diserahkan ke Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur di Surabaya. Mereka rencananya akan menjalani rehabilitasi di sebuah pusat rehabilitasi di Kediri.

 

“Sebentar lagi para korban itu akan kita antar untuk diserahkan ke Dinas Sosial Jawa Timur. Berikutnya, mereka akan direhabilitasi di PPT di Kediri. Kita sudah siapkan surat pengantarnya,” kata Kepala Dinas Sosial Situbondo, Lutfi Joko Prihatin kepada wartawan saat dikonfirmasi, Selasa (30/7/2019).

 

Menurut Lutfi, penyerahan 12 gadis asal Kota Kembang ke Dinsos Jawa Timur itu dilakukan, setelah mereka dianggap selesai memberikan keterangan dalam kasus human trafficking, yang kini ditangani Polres Situbondo. Sebab, status mereka dalam kasus ini adalah saksi korban.

“Penyerahan para korban ke Dinsos Provinsi ini setelah kami berkoordinasi dengan pihak Polres Situbondo. Mereka sudah selesai memberikan keterangannya,” tandas Lutfi.

 

Bukan hanya 5 korban yang berstatus anak di bawah umur saja. Penyerahan ke Dinas Sosial Jawa Timur juga dilakukan terhadap 7 korban lain yang berusia dewasa. Mereka semua akan menjalani rehabilitasi untuk pemulihan kondisi psikologisnya.

 

“Selama di sini kami juga memberikan pendampingan. Disamping juga memenuhi kebutuhan keseharian para korban. Semoga mereka segera menemukan jalan terbaik dalam kehidupannya,” papar Lutfi.

Sebanyak 12 gadis belia diduga PSK dan satu pria asal Bandung diamankan aparat kepolisian Situbondo. Mereka dijaring dari sejumlah wisma dari eks lokalisasi pelacuran Gunung Sampan di Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo. Ironisnya, sebagian wanita yang diamankan itu masih tergolong anak di bawah umur. Usia mereka berkisar antara 14 tahun hingga 20 tahun.

 

Polisi menetapkan tiga tersangka dalam kasus belasan gadis Bandung yang dijadikan PSK di Situbondo. Tiga tersangka itu yakni muncikari berinisial S (50) dan istrinya berinisial SB (50) serta anak perempuannya berinisial N (33).

 

Ketiganya merupakan warga Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo. Mereka diduga memiliki peran dalam mempekerjakan para korban secara komersial selama berada di eks lokalisasi Gunung Sampan, Desa Kotakan, Situbondo.

(Detik/Red/Irfan)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS