19619 KALI DIBACA

Bekali Warga dengan Pemahaman Bahaya Radikalisme, Rerorisme Dan Narkotika

Bekali Warga dengan Pemahaman Bahaya Radikalisme, Rerorisme Dan Narkotika
example banner

LABUHANBATU| Generasi penerus (Pelajar, red) kata dia merupakan simbol Agent of Change yang nantinya akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme hingga bela negara, sangat penting untuk dilakukan.

Kodim 0209/Labuhan Batu sebagai satuan jajaran TNI AD memiliki kewajiban moral untuk mendidik anak bangsa, terutama generasi muda agar memiliki semangat patriotisme dan nasionalisme agar mampu bersaing ke depannya dalam membangun Bangsa Indonesia sehingga penyiapan generasi muda yang tangguh mutlak untuk dipersiapkan sejak dini.

Demikian disampaikan Dansatgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0209/LB melalui Kapten Inf Sudarsono, saat memberikan pembekalan Wasbang kepada ratusan masyarakat petani dan pelajar di Poskotis TMMD Desa Cinta Makmur, Kec Panai Hulu, Kab Labuhan Batu, Sumut.

Dijelaskannya bajwa TNI (Satgas TMMD) berharap apa yang telah dilakukan oleh Satgas TMMD dalam memberikan wawasan kebangsaan akan dapat bermanfaat dan berguna untuk membentuk generasi muda yang berkarakter dan berjiwa nasionalisme yang tinggi.

“Kegiatan untuk menambah rasa cinta kepada NKRI ini dilaksanakan dalam program TMMD non fisik untuk mengajak masyarakat dan generasi di Desa Cinta Makmur memiliki semangat patriotisme, “ungkap Kapten Inf Sudarsono.

Ia menyampaikan bahwa Program wawasan kebangsaan (Wasbang) merupakan salah satu program TNI AD yang bertujuan untuk membina generasi muda dan masyarakat yang berwawasan luas yang memiliki semangat patriotisme dan kejuangan yang berlandaskan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan tetap menjaga Persatuan dan Kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.(NKRI)

“Wawasan kebangsaan merupakan konsepsi maupun cara pandang yang dilandasi atas kesadaran diri sebagai warga suatu negara (NKRI, red) akan diri dan lingkungannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”tegas Kapten Inf Sudarsono.

Dalam kegiatan ini, Kapten Inf Sudarsono juga bekali masyarakat dengan pemahaman terhadap bahaya radikalisme, terorisme hingga bahaya narkotika.

“Pengaruh paham radikalisme dan terorisme saat ini, menjadi suatu ancaman serius bagi bangsa. Untuk itu, sangat diperlukan adanya kesadaran diri dari seluruh komponen bangsa Indonesia,” harapnya

“Untuk itu, marilah kita terapkan nilai-nilai Pancasila sebagai aspek kehidupan. Pancasila, merupakan ideologi bangsa Indonesia yang memiliki keududkan sangat penting. Sehingga, semua warga negara Indonesia wajib mengerti dan memahami apa itu arti dan makna Pancasila, “tegasnya. (Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS